Muawanah, Khoirul (2009) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Tunarungu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Luar Biasa Tunarungu Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (545kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting untuk mengembangkan potensi-potensi dasar manusia agar dapat berfikir dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut tidak terkecuali bagi anak- anak yang memiliki kekurangan fisik seperti tunarungu, yang memiliki kekurangan berupa cacat pendengaran. Pemerintah sebagai pelindung warga negara juga memberikan kesempatan yang seluas-luasnya agar anak yang tunarungu dapat mengenyam pendidikan layaknya anak yang normal dengan menyediakan sekolah khusus yaitu Sekolah Luar Biasa (SLB). Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SLB itulah yang menarik perhatian penulis sehingga penulis mengadakan penelitian dengan judul Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu di SMPLB- Tunarungu Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah tentang Bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunarungu di SMPLB-Tunarungu yayasan pendidikan tunas bangsa malang dan strategi apa yang digunakan untuk pembelajaran pendidikan agama islam di SMPLB- Tunarungu Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di sekolah menengah pertama (SMP) Luar Biasa Tunarungu Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang. Dan untuk mendiskripsikan strategi apa yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di sekolah menengah pertama (SMP) Luar Biasa Tunarungu Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif karena penjabarannya tidak menggunakan angka-angka (statistik). Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara langsung dengan kepala sekolah SMPLB tunarungu dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) observasi kelokasi penelitian, serta dokumentasi SMPLB-Tunarungu Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang dan selanjutnya pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama pada dasarnya sama dengan pelaksanaan pendidikan di sekolah-sekolah formal pada umumnya. Hal tersebut di buktikan dengan adanya kegiatan proses belajar mengajar dan adanya intaraksi antara guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar tersebut, yang menjadi perbedaan hanyalah sarana komunikasi dalam proses belajar mengajarnya menggunakan bahasa isyarat. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan metode problem solving. Walaupun salah satu metode yang digunakan adalah metode ceramah, namun guru tetap menggunakan penjelasan melalui bahasa isyarat, karena penjelasan secara lisan jelas tidak mungkin untuk dilakukan mengingat kondisi siswa yang tidak bisa mendengar dan tidak bisa bicara (tunarungu-wicara). Sedangkan strategi yang digunkan di SMPLB-Tunarungu Malang ini adalah menggunakan strategi PAKEM dan CTL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; PAI; Siswa Tunarungu | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:30 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45394 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |