Dewi, Sri Wati (2008) Pengaruh kedisiplinan terhadap tingkat hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Arjasa Kangean Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03140046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Dalam penelitian ini membahas 1) Upaya apa yang dilakukan dalam usaha pembinaan kedisiplinan siswa untuk meningktkan hasil belajar di SMU Negeri Arjasa 1 Kangean Sumenep, 2) Bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap tingkat hasil belajar siswa di SMU Negeri Arjasa 1 Kangean Sumenep.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan upaya pembinaan sikap disiplin siswa terutama dalam kaitannya dengan peningkatan hasil belajar siswa di SMU Negeri Arjasa 1 Kangean Sumenep, 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa di SMU Negeri Arjasa 1 Kangean Sumenep.
Dalam peneletian ini ada dua populasi yaitu semua guru dan semua siswa. Semua guru SMA Negeri 1 berjumlah 40, karena kurang dari 100 maka peneliti ambil semua populasi sehingga disebut dengan sampel populasi. Sedangkan jumlah populasi siswa berjumlah 546 siswa, dan diambil sampel 10% dari populasi, yaitu 80 siswa, dendan menggunakan tekhnik Cluster sampel (sampel kelompok) karena peneli mengambi kelas XII IPA 1 dan kelas XII IPA II. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, interview, dukomentasi dan angket.
Dalam tekhnik analisis data yang digunakan untuk menganalisis upaya yang dilakukan dalam usaha pembinaan kedisiplinan siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Arjasa kangean penulis menggunakan prosentase dengan rumus sebagai berikut:
P F x100
N
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pembinaan disiplin terutama dalam kaitannya dengan meningkatkan hasil belajar siswadalam kategori baik, sedangkan tingkat kedisiplinan siswa, yang berkaitan dengan disiplin belajar siswa, dalam kategori cukup baik.
Sedangkan untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap peningkatan hasil belajar siswa penulis menggunakan analisis Chi Kuadrat dengan rumus sebagai berikut:
( fo
fe) 2
X2
fe
Kemudian hasi Chi Khuadrat di konsultasikan dengan Koefisiensi Kontigensi (KK) dengan rumus sebagai berikut:
KK=
X 2
X 2 N
Berdasarkan hasil penelitian tidak ada pengaruh yang signifikan antara disiplin (variabel X) dengan hasil belajar (variabel Y), ini terbukti dari hasil penelitian, Koefisien Kontigensi (KK) = 0,222 dan dalam perhitunagan Chi Kuadrat juga diuji pula signifikansinya dengan penentukan harga kritik 5% maka diperoleh X2 <X2 tabel/ kritik yaitu 4,4418< 9,49, berarti hipotesis nol (H0) diterima, sehingga tidak terdapat asosiasi yang signifikan antara disiplin dengan hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian ini, diharapkan sekolah tetap mempertahankan dan meningkatkan terus disiplinnya, agar dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar dan dapat mendukung peningkatan hasil belajar siswa diantaranya factor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa sendiri, sedangkan factor eksternal berasal dari luar diri siswa seperti pendidikan orang tua, ekonomi, lingkugan, dan lain sebagainya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Displin; Hasil Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2016 12:25 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2016 12:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4534 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |