Kholifah, Kholifah (2007) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak keluarga Muslim usia pra sekolah di RT 01 RW 01 desa Ngembal kecamatan Tutur kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02110311.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (837kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam sangat penting untuk diberikan sejak dini terhadap anak. Terutama dalam menghadapi era globalisasi saat ini, dimana sulit menentukan mana yang baik dan buruk, mana etika ketimuran dan kebarat-baratan, mana budaya yang lebih santun dan amoral dan sebagainya. Maraknya, tawaran gaya hidup glamor, pakaian (fashion), hiburan (fun), film-film porno, tayangan sadisme yang dipertontonkan TV, sudah menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari dan tidak jarang anak-anak menjadi korban akibatnya. Akibatnya, berapa banyak anak-anak yang mati akibat tayangan televisi yang tidak terfilterisasi, remaja yang mengkonsumsi ganja, pil (narkotika), hubungan bebas (free sex), tersebarnya virus HIV dan sebagainya. Semua ini, bila tidak diperhatikan dengan serius akan merugikan tunas generasi muslim masa depan, yang benar-benar menjadikan al-Qur’an dan al-Hadits sebagai pokok pijakan dalam mengarungi hiudpnya. Oleh karena itu, sejak dini sudah seharusnya menanamkan nilai- nilai kearifan, ajaran-ajaran dan pendidikan agama Islam pada anak-anak dengan cahaya al-Qur’an dan as-Sunnah perikehidupan Rasulullah SAW dan sebagainya.
Dari fenomena di atas, terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (a) bagaimana pendidikan agama Islam pada anak keluarga muslim usia pra sekolah di RT 01 RW 01 Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan? (b) problematika pendidikan agama Islam pada anak keluarga muslim usia pra sekolah di RT 01 RW 01
Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan? (c) bagaimana model pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak keluarga muslim usia pra sekolah di RT 01 RW 01 Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan? Dan bertujuan untuk: (a) mendeskripsikan pendidikan agama Islam pada anak keluarga muslim usia pra sekolah di RT 01 RW 01 Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan; (b) memetakan problem-problem pendidikan agama Islam pada anak keluarga muslim usia pra sekolah di RT 01 RW 01 Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan; (c) menemukan model pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak keluarga muslim usia pra sekolah di RT 01 RW 01 Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan enam subjek penelitian, diantaranya: dua orangtua muslim, dua pendidik agama Islam (Ustadz-ah/guru ngaji) dan dua anak dari keluarga muslim. Proses pengambilan data dilakukan sejak bulan Januari 2007 sampai Mei 2007, dengan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan metode dokumentasi, yang dilakukan secara berkala, fokus masalah dan berkesinambungan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan, bahwa: (a) Pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi anak-anak keluarga muslim usia pra sekolah di RT 01 RW 01 Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, secara garis besar sudah berjalan dengan baik dan cukup mendapat perhatian serius dari orangtua dan para guru ngaji (ustadz-ah) dan hal itu sudah dimulai sejak anak-anak dalam usia dini, meski ditemukan sedikit orangtua yang sama sekali tidak peduli terhadap pendidikan Islam anak-anaknya; (b) Problematik atau faktor penghambat adanya pendidikan agama Islam di RT 01 RW 01 Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, adalah adanya tayangan televisi yang semakin marak dengan program-program yang semakin menarik, lingkungan pergaulan anak yang kurang mendapat pengawasan dari para orangtua, sikap dan konsep pikir orangtua yang kurang peduli terhadap pentingnya pendidikan anak serta motivasi internal anak yang kurang tertarik untuk mengikuti pendidikan agama Islam. Sedangkan yang menjadi faktor pendukungnya, antara lain: sikap orangtua yang ketat dan peduli terhadap pendidikan Islam anak dan pergaulannya, motivasi anak untuk belajar serta adanya lingkungan-lingkungan pendidikan Islam, seperti tempat-tempat ngaji, Mushalla, pondok pesantren, dan sebagainya; (c) Sistem atau model pelaksanaan pendidikan Islam di RT 01 RW 01 Desa Ngembal selama ini masih dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dengan cara ceramah, memberikan keteladanan dan contoh-contoh, metode perintah dan larangan, metode nasihat dan belum cukup beragam sistem-sistem yang dilaksanakannya, baik itu bersifat metode mendidik secara kelompok (mutual education), metode instruksi, metode bimbingan dan konseling, metode perumpamaan dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Anak Keluarga Muslim; Usia Pra Sekolah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45298 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |