Bisri, Hasan (2010) Metode Demontrasi dan Tanya Jawab untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMPN 02 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110188.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (789kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode demontrasi dan Tanya jawab mempunyai manfaat yang besar guna memotivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar. Suatu metode yang dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama akan membekas pada diri seseorang dan menjadi motivasi tersendiri bagi kepribadian tertentu. Sebenarnya metode bukanlah suatu hal yang baru dalam dunia pendidikan. Rasulullah dan juga para ulama' terdahulu juga menggunakan macam- macam metode sebagai salah satu teknik untuk mendidik. Untuk itu suatu metode perlu diterapkan dalam penddikan modern. Dalam proses pelakasanaan penelitian guru (peneliti) merumuskan masalah sesuai dengan tuntuan lembaga pendidikan. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan metode demontrasi dan Tanya jawab di SMPN 02
Batu dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan bagaimana metode demontrasi dan Tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 02 Batu dalam pembelajaran pendidikan agama islam.
Siswa siswi di SMPN 02 Batu yang termotivasi akan cenderung lebih giat dalam belajar untuk itu suatu metode perlu dalam proses belajar mengajar.akan tetapi metode dalam belajar mengajar juga mengikuti kompetisi dasar dalam pembelajaran khususnya pembejaran PAI, suatu metode Akan berhasil jika anak-anak didik dapat termotivasi dan mendapat prestasi dalam belajarnya serta dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Anak cerdas, berprestasi, rajin ibadah, dan taat pada peraturan agama adalah dambaan kita semua.terlebih dapat membiasakan mengamalkan ajaran agama Islam memiliki perilaku kegamaan yang bagus di lingkungan sekolah dan juga di luar sekolah, salah satunya metode demontrasi dan Tanya jawab dalam pembelajaran PAI yang mencetak mereka giat dalam belajar. Padahal waktu pembelajaran agama Islam di sekolah bisa dikatakan sangat minim (hanya dua jam pelajaran dalam seminggu). Berangkat dari latar belakang tersebut penulis berkinginan melakukan penelitian skrpsi dengan judul Metode Demontrasi dan Tanya Jawab Dalam Pembelajaran PAI Di SMPN 02 Batu
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk Mengetahui seberapa besar tingkat mitovasi siswa SMPN 02 Batu dalam belajar guna penerapan metode demontrasi dan tanya jawab pada siswa, untuk mengetahui keberhasilan metode demontrasi dan tanya jawab yang diterapkan, dan untuk mengetahui faktor pendukung maupun penghambat diterapkannya metode demontrasi dan tanya jawab di SMPN 02 Batu.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata/ gambaran-gambaran dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, sebagai metode pengumpulan data. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasanya di SMPN 02 Batu di berlakukan berbagai macam metode dalam pembelajaran PAI, khususnya metode demontrasi dan tanya jawab yang dipergunakan ketika kompetisi dasar membahas praktek, seperti yang peneliti terapkan yaitu: pelaksanaan metode demontrasi dalam praktek shalat berjamaah, pelaksanaan metode demontrasi dengan shalat berjamaah disekolah, memahami sejarah riwayat hidup nabi muhammad dengan metode tanya jawab, dan melihat hasil yang dicapai melalui metode demontrasi dan tanya jawab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 02 Batu, dari penerapan metode demontrasi dan tanya jawab hasilnya cukup maksimal terlihat siswa siswi sangat antusia dalam belajar ketimbang sebelum mereka mendapatkan metode ini, dengan begitu siswa dapat menerapkan metode- metode belajar yang sesuai dengan keinginannya. Dan dari metode ini siswa-siswi dapat menyerap pelajaran dengan seksama dan lebih konsentrasi dalam memahaminya. selain itu siswa tidak canggung lagi untuk melakukannya khususnya dalam hal ibadah karena materi pelajarannya sudah di demontrasikan, begitu juga dengan sejarah riwayat nabi muhammad yang menggunkan metode tanya jawab siswa dapat bertanya dan menjawab pertanyaan sepuasnya baik pertanyaan yang dilontarkan oleh guru kemudian murid menjawab, dilontarkan ke murid dan murid menjawab serta murid ke guru dan guru menjawab. Dari kedua metode ini siswa dapat bangkit dari keterpurukan khususnya pada penilaian ulangan sekaligus siswa dapat termotivasi dengan baik guna peningkatan prestasi dalam belajarnya. Faktor pendukung kedua metode ini adalah tersedianya fasilitas ibadah, dan banyaknya guru yang beragama islam. Serta guru PAI yang menyampaikan dengan metode yang baik dan murid yang mendukung serta partisipasi dalam pembelajaranya, faktor penghambatnya adalah kurangnya minat siswa, keluarga yang kurang agamis, sedikitnya guru agama, penyampaian guru yang kurang baik, murid yang kurang konsentrasi dalam menerima materi serta sifat ogah-ogahan dalam melaksanakan sesuatu. Sehinga hasil yang diinginkan tidak maksimal. Penelitian ini penulis harapkan dapat dijadikan sumbangan pemikiran untuk mengembangkan pendidikan agama Islam baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah yang mampu membentuk motivasi-motivasi baru pada anak dengan menggunakan metode demontrasi dan tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Demontrasi dan Tanya Jawab; Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa; Pembelajaran PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45296 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |