Herianto, Herianto (2009) Strategi Kyai dalam pengembangan pendidikan di pondok pesantren: Studi kasus di Pondok Pesantren Modern Arrisalah Islamic Internasional Collage Slahung Ponorogo Jawa Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110171.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (270kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di era globalisasi pada sekarang ini perkembangan pendidikan yang ada di indonesia semakin berkembang pesat sehinggga bukan hanya perkembangan di bidang formal saja, melaiankan pendidikan nonformal dan informal ikut berkembang.
Salah satu dari bentuk lembaga pendidikan nonformal adalah di pondok
pesantren. Dimana perkembagannya sangat pesat, hal itu dapat dilihat dari perkembangan fisik maupun bentuk perkembangan yang lain. Pondok pesantren adalah salah satu bentuk lembaga pendidikan islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat melalui proses sosial yang unik. Dengan keunikannya tersebut yang sampai sekarang ini dianggap sebagai tempat pendidikan tradisional, disamping itu juga dapat dianggap sebagai tempat pendidikan nasional.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Strategi Kyai Pengembangan Pendidikan Islam di Pondok Modern Arrisalah Islamic Internasional collage Slahung Ponorogo Jawa Timur.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian
diskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode Observasi, Interview dan Dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa startegi Pendidikan Agama Islam di Pondok Modern Arrisalah adalah sebagai berikut: Dengan cara mengembangkan sarana dan fasilitas pendiddikan dan sarana penunjang. Sedangkan strategi yang digunakan Kyai dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam di Pondok Modern Arrisalah dengan Menentukan Do’a arah dan tujuan serta wawasan, Kurikulum Pondok dan Sistem pendidikan di Pondok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Pengembangan; Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45285 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |