Yahya, Achmad (2009) Persepsi siswa terhadap guru Pendidikan Agama Islam yang Profesioanal di SMP Negeri 01 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110167.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidik merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pendidikan. Untuk itu setiap adanya inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan harus bermuara pada guru. Citra guru berkembang sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia terhadap dunia pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran guru dalam dunia pendidikan. Penilaian siswa menjadikan guru orang yang lebih mempunyai peranan dan tanggung jawab dan dengan adanya persepsi siswa terhadap guru pendidikan agama Islam membawa konsekuensi terhadap guru untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya karena proses belajar mengajar dan keberhasilan siswa sebagian besar ditentukan oleh guru sehingga guru dapat melaksanakan peran dan tanggung jawabnya secara professional.
Berdasarkan dari permasalahan tersebut diatas maka penulis mencoba mengkaji tentang persepsi Siswa-Siswi terhadap Guru Pendidikan Agama Islam yang profesional di SMP Negeri 01 Batu yang meliputi bagaimana guru Pendidikan Agama Islam yang Profesional dan persepsi siswa-siswi terhadap guru Pendidikan Agama Islam yang Profesional. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui guru Pendidikan Agama Islam yang Profesional dan persepsi siswa-siswi terhadap guru Pendidikan Agama Islam yang profesional.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif. Hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMP Negeri 01 Batu yang berjumlah 304 siswa dan sampelnya penulis tentukan 100 siswa yaitu
40% dari keseluruhan populasi. Pengambilan sample 40% (100 siswa)
adalah dengan menggunakan tehnik sample random secara acak dan tehnik sample purposive digunakan untuk kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 01 Batu.
Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode
observasi, metode interview, metode dokumentasi, dan metode angket. Dan yang dipakai untuk menganalisis dari angket adalah dengan menggunakan tehnik presentase dengan rumus:
P = F X 100 %
N
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan agama Islam diperlukan guru pendidikan agama Islam yang Profesional menurut pengamatan siswa dan siswa sendiri sebagai salah satu unsur pokok yang paling berkepentingan didalam interaksi pendidikan. Persepsi siswa siswi terhadap guru Pendidikan agama Islam sangat mendukung dan membantu untuk menjadikan kualitas dan mutu guru pendidikan agama Islam lebih berkompeten.
Persepsi siswa siswi itu bukan hanya berguna bagi pribadi guru tetapi juga dapat menjadi petunjuk bagi kekurangan-kekurangan guru. Dan guru pendidikan agama Islam yang Profesional secara khusus diperlukan sekali oleh siswa-siswinya sebagai pedoman ke depan dan sebagai motivasi untuk mengembangkan kompetensi yang telah dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan pendidikan agama Islam dalam menghadapi era globalisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi; Guru Pendidikan Agama Islam; Porfesional | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45283 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |