Khomariyah, Siti Nur (2010) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah siswa di SMPN I Soko Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (971kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Strategi merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Terlebih terkait erat dengan proses pembinaan akhlakul karimah siswa. Dalam proses pembinaan akhlakul karimah siswa, seorang guru agama islam dalam penyampaian materi agamapun harus memiliki strategi yang tepat karena dengan adanya strategi maka pembinaan akhlakul karimah siswa mampu berjalan dengan baik dan maksimal.
Dalam hal ini guru agama islam memegang peranan yang pertama dan utama dalam proses pembinaan akhlakul karimah peserta didiknya. Untuk keberhasilan proses pembinaan tersebut, maka seorang guru agama Islam harus mampu menggunakan beberapa strategi dalam penyampaian materinya. Bila penyampaian materi ini secara maksimal ini telah diupayakan oleh guru agama, seharusnya bisa dipastikan bahwa akhlak peserta didik akan manjadi lebih baik. Namun ternyata terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang sangat kentara dalam masyarakat pendidikan kita, khususnya elektronok, kita bisa mendapatkan bukti-bukti yang mengarah pada terjadinya degradasi moral bangsa kita, khususnya pada peserta didik.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang“Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan akhlakul karimah siswa di SMPN I Soko Tuban” dan masalah yang diteliti adalah: 1. Strategi Guru Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMPN I Soko Tuban. 2. kegiatan yang dilakukan dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMPN I Soko Tuban.3. faktor apa yang mendukung dan menghambat strategi Guru Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMPN I Soko Tuban.
Sedangkan metode yang penulis gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperolah data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMPN I Soko Tuban. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: pertama, bahwa strategi guru agama islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa menggunakan metode diantaranya ialah: keteladanan, ceramah, diskusi, anjuran dan pemberian hukuman. Kedua, kegiatan yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa adalah: Baca do’a bersama dan baca Al-Qur’an sebelum dimulainya pelajaran, shalat dhuhur berjama’ah, melakukan peringatan hari-hari besar islam (PHBI), istighosah menjelang ujian semester, ziarah makam wali songo, pemeriksaan tata tertib,dan diadakannya pertemuan wali murid. Ketiga: faktor pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa, faktor pendukung yaitu: adanya tradisi atau kebiasaan di lingkungan sekolah, adanya kesadaran dari para siswa, adanya kebersamaan dalam diri masing-masing guru dalam membina akhlakul karimah siswa, adanya motivasi dan dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: latar belakang siswa yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan) yang kurang mendukung, kurangnya sarana dan prasarana, pengaruh dari tayangan televisi atau media cetak.
Kesimpulannya adalah bahwa keberhasilan strategi guru agama islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMPN I Soko Tuban selain menggunakan beberapa metode dalam pengajaran juga didukung oleh adanya kegiatan-kegiatan yang sudah diprogramkan guna untuk pembinaan akhlakul karimah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Agama Islam; Akhlakul Karimah Siswa | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45255 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |