Responsive Banner

Pelaksanaan ketrampilan variasi mengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Babat Lamongan

Wulandari, Nurin Nihayah (2007) Pelaksanaan ketrampilan variasi mengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Babat Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
02110085.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Mengajar adalah membimbing kegiatan siswa untuk belajar. Untuk melakukan interaksi belajar mengajar, guru tidak hanya membutuhkan kepandaian dibidang materi yang diajarkan saja, tetapi mereka dituntut untuk memiliki sejumlah ketrampilan dalam mengajar, salah satunya adalah ketrampilan memberi variasi dalam mengajar. dalam proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak pemberian variasi sangat penting karena dapat menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran serta dapat membantu guru dalam mempermudah tugasnya dalam menyampaikan mata pelajaran.

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan ketrampilan variasi mengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Babat Lamongan, untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan ketrampilan variasi mengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar maata pelajaran Aqidah Akhlak, dan mendiskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan penghambat pelaksanaan ketrampilan variasi mengajar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif derskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner, observasi, interview dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan penulis adalah untuk data yang berupa angka teknik analis datanya menggunakan rumus prosentase sedangkan untuk data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati penulis berupaya mengambarkannya secara umum dan menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencananaan dan pelaksanaan ketrampilan variasi mengajar dalam meningkatkan proses belajar mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak cukup baik, namun dalam variasi pola interaksi antara guru dan murid serta variasi media pembelajaran belum bisa diterapkan secara maksimal. Dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Aaqidah Akhlak pelaksanaan variasi mengajar mempunyai pengaruh terhadapkualitas proses belajar mengajar yang dampaknya dapat kita lihat dari prestasi belajar siswa, motivasi siswa dan berkurangnya tingkat kejenuhan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. adapun yang menjadi faktor pendukung pelaksanaan ketrampilan variasi mengajar adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, guru yang mengajar sesuai dengan bidangnya, dalam proses belajar mengajar siswa dikelompokkan dalam kelas-kelas sesuai dengan tingkat kemampuannya dan kualitas sumber daya manusianya yang cukup baik. Faktor penghambat pelaksanaan ketrampilan variasi mengajar adalah terbatasnya jumlah sarana dan prasarana, kurangnya minat baca siswa dan faktor eknomi keluarga yang berada di golongan ekonomi menengah kebawah.. Dari data yang peneliti dapatkan dari dokumentasi hasil evaluasi pada semester I (ganjil) didapatkan bahwa nilai siswa siswi mata pelajaran Aqidah Akhlak cukup bagus ini dapat dilihat dari nilai rata-ratanya adalah 8,0.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sutiah, Sutiah
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSutiah, SutiahUNSPECIFIED
Keywords: Ketrampilan; variasi dan mengajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 25 Jan 2023 14:11
Last Modified: 13 Apr 2023 13:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45226

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item