Rahayu, Puji (2009) Aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ): Studi kasus di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (602kB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam mewujudkan generasi yang memahami, mengenalkan Al-Qur’an, banyak jalan yang ditempuh, seperti pada Taman Pedidikan Al-Qur’an (TPQ). Banyak TPQ yang mengajarkan yang lebih ditekankan pada cara baca dan tulis Al-Qur’an dan juga mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian anak yang bertaqwa kepada Allah SWT serta berbudi luhur dalam kehidupan bermasyarakat. Akan tetapi, pada realita yang terjadi saat ini mayoritas TPQ hanya mengajarkan cara membaca Al-Qur’an dan ilmu tajwid saja, seakan-akan menyampingkan nilai-nilai agama. Sementara itu, pembelajaran Al-Qur’an di TPQ AL-Kahariyah Selopuro Blitar tidak hanya mengajarkan cara membaca Al- Qur’an dan tajwid, tetapi guru juga mengaktualisasikan nilai-nilai keagamaan baik yang menyangkut aqidah, ibadah maupun akhlak.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai keagamaan yang diaktualisasikan pada santri TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar, untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada santri TPQ Al- Kahariyah Selopuro Blitar.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisnya, penulis menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya ada di lapangan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwa
1. aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada santri di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar berupa: a. pengenalan-pengenalan tentang keimanan seperti: mengenalkan arti yang terkandung dalam Al-Qur’an contoh hafalan surat-surat pendek beserta artinyamengenal Rasul contoh pentas seni diiringi dengan lantunan sholawat, mengenal nama malaikat dan tugasnya contoh hafalan tentang nama-nama malaikat dengan cara bernyanyi b. memberi bimbingan praktek ibadah seperti: mengenalkan ibadah shalat dan wudhu beserta prakteknya, mengenalkan zakat fitrah beserta aplikasinya di lapangan c. pengenalan akhlak seperti: mengenalkan akhlak kepada Allah, mengenalkan akhlak terhadap dirinya sendiri dan sesama contoh belajar disiplin apabila ada santri yang melanggar peraturan diberi hukuman, mengenalkan akhlak dalam keluarga contoh taat pada orang tua.2. metode yang digunakan dalam aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada santri di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar berupa metode-metode yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, metode demontrasi, metode nasehat, metode cerita dan metode hukuman dan metode ganjaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Aktualisasi Nilai-nilai Keagamaan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 14:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45201 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |