An'Am, Wahid Hairul (2009) Study Comparative pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching Learning PAI di SMPN 01 dan MTsN Model Bangkalan-Madura Kelas VIII A. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa, dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al Quran dan Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Dibarengi tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubunganya dengan kerukunan antar ummat beragama dalam masyarakat hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.
Sebuah pembelajaran yang bernuansa Contextual Teaching Learning yang tedapat
7 komponen didalamnya yang meliputi Konstruktivisme, Inquiry, Questioning, Learning Community, Modelling, Reflection, Authentic Assasment. 7 komponen dasar inilah sebagai penopang keberhasilan dari pembelajaran CTL ini. Disetiap masing-masing model ataupun metode pembelajaran juga terdapat komponen-komponen penunjang terhadap kelancaran pembelajaran.
Dua buah lembaga yang berbeda menjadi objek kajian yang akan dibahas mengenai pembelajaran CTL PAI yang diterapkan dimasing-masing sekolah tersebut yaitu SMPN 01 yang dinilai dengan sekolah berstandar nasional yang juga didalamnya terdapat penyaringan siswa yang cukup ketat sehingga membuat sekolah tersebut cukup disegani oleh masyarakat halayak umum dan memiliki segudang prestasi yang cukup menawarkan sekolah tersebut untuk bertaraf internasional. Kemudian MTsN Model Bangkalan adalah salah satu sekolah yang menjadi objek percontohan di jawa timur ini yang memiliki fasilitas asrama yang letaknya di jantung kota bangkalan dan terakreditasi A, MTsN Model juga mempunyai segudang prestasi baik dari guru maupun siswanya yang sudah meluas diberbagai penjuru, bahkan guru-guru dari mereka banyak yang mengambil study di Australia.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang dari pembelajaran CTL yang berbeda lembaga pendidikan ini, mengetahui bagaimana model pembelajaran CTL, untuk mengetahui penerapan langsung model pembelajaran TL di SMPN 01 dan MTsN Model Bangkalan, dan mengetahui bagaimana perbedaan dan persamaan.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kualitatif deskripstif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yangmenggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data dengan menggunakan teknik analisis data prosentase.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasannya model belajar yang penulis tawarkan dalam pembahasan skripsi ini adalah pelaksanaan pembelajaran yang memakai model CTL dapat meningkatkan keberhasilan belajar siswa terhadap materi PAI dikelas VIII di SMPN 01 Bangkalan dan MTsN Model Bangkalan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa yang semakin meningkat tajam dari siklus I hingga siklus III. Pada silus pertama menunjukkan bahwa pembelajaran CTL, siswa terlihat sangat antusias dalam KBM yang berlangsung, hal ini didukung oleh perilaku siswa yang menunjukkan rasa ingin tahu yang mendalam ketika proses KBM dimulai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Contextual Teaching Learning; Pendidikan Agama Islam; Comparative | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:33 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45180 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |