Kholifah, Siti (2007) Implementasi pengembangan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Muttaqun Tungge Wates Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01110151.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (401kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penulisan Skripsi ini dilatarbelakangai oleh kenyataan banyak sekali hambatan dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang dihadapi TPQ Al-Muttaqun, salah satunya disebabkan Menurunnya gairah belajar dan kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran juga menyebabkan ketidak efektifan proses pembelajaran selain disebabkan ketidak tepatan metodologi, juga berakar pada paradigma pendidikan konvensional yang selalu menggunakan metode pengajaran klasikal. Ketidak tersediaan silabus TPQ di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muttaqun juga menyebabkan terjadinya ketidak efektifan dan ketidakefisienan pembelajaran. Padahal peranan silabus dalam pembelajaran membaca permulaan huruf arab sangat penting dalam proses belajar mengajar.
Upaya TPQ Al-Muttaqun dalam mengembangkan pembelajaran baca-tulis Al- Qur”an, Pengembangan di segala bidang di TPQ Al-Muttaqun masih dalam tahap direncanakan seperti pengembangan kurikulum, disamping materi pembelajaran Al- Qur'an dan pendidikan agama yang lainnya. Dengan adanya hal tersebut maka peneliti mencoba mengadakan penelitian tindakan kelas di TPQ Al-Muttaqun dengan berkolaborasi dengan guru TPQ Al-Muttaqun, salah satunya dengan cara menyusun silabus yang sesuai dengan kebutuhan di TPQ Al-Muttaqun untuk memperbaiki sistem pembelajaran dalam upaya pelaksanaan pengembangan pembelajaran di TPQ Al- Muttaqun.
Berdasarkan paparan di atas, salah satu alternatif pemecahan masalah itu adalah dengan melakukan penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru TPQ A-Muttaqun dan peneliti dengan menyusunan silabus untuk TPQ Al-Muttaqun. Pentingnya penyusunan silabus sebagai alternatif pemecahan masalah karena fungsi silabus sebagai bentuk perencanan dan alat kontrol pembelajaran suatu bidang studi. Dengan tersedianya silabus, sebagai salah satu unsur penting dalam pengajaran, berbagai masalah yang timbul akibat ketidak tersediaan silabus dapat diatasi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelitian tindakan atau penelitian kelas. data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang meliputi: rencana pembelajaran, hasil observasi dan wawancara. Dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan sumber data primer, sumber data primer dalam PTK adalah siswa, guru, kepala sekolah dll. Data primer yang dihasilkan dalam PTK, antara lain: data hasil wawancara dengan guru, kepala sekolah dl
Untuk mendapatkan data yang sah peneliti menggunakan juga melakukan pengecekan keabsahan temuan, dan konsultasi dengan dosen yang ahli pembelajaran Al- Qur’an untuk menentukan kelayakan penerapan silabus. Model penyusunan silabus yang dipergunakan dalam silabus ini adalah prosedur penyusunan silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004,. model tersebut merupakan langkah-langkah pengembangan program yang meliputi: Standart Kompetensi, Kompetensi Dasar, Hasil Belajar, Indikator, materi, Media, Metode, Sumber Belajar, dan Evaluasi
Pada tahap penelitian tindakan kelas dikemukakan hal-hal yang akan dilaksanakan terkait dengan tindakan pembelajaran yang dilaksanakan antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau interpretasi, analisis dan refleksi.
Saran yang diberikan dari hasil pengembangan pembelajaran, yaitu pengembangan materi yang lebih luas untuk penyusunan silabus selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi Pengembangan; Pembelajaran; Baca-tulis Al-Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45089 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |