Naja, Muhammad Safinun (2007) Konsep Khalifatullah dalam Perspektif M. Quraish Shihab sebagai kepemimpinan pengembangan Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01110109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (620kB) |
Abstract
ABSTRAK
Al-Quran mendudukkan manusia ke dalam dua fungsi pokok, yaitu sebagai hamba (‘abd) Allah (QS. 51: 56) dan Khalifatullah (QS. 2: 30). Manusia sebagai khalifatullah memiliki kedudukan istimewa dibanding dengan makhluk Tuhan yang lainnya di muka bumi ini. Keistimewaan ini bisa dilihat dari sisi penciptaan fisik maupun personalitas karakternya. Karena keistimewaannya itu, manusia memiliki tugas dan kewajiban yang berbeda dengan makhluk yang lain.
Lembaga pendidikan Islam yang umumnya dikelola secara tradisional oleh masyarakat atau swasta (bukan pemerintah) meniscayakan untuk mampu bertahan (survive) di tengah arus globalisasi, sebagai penjaga tradisi dan moral masyarakat. Namun, justru krisis kepemimpinan yang menjadi permasalahan lembaga-lembaga pendidikan Islam. Dan krisis kepemimpinan pada lembaga pendidikan Islam ini pula yang dapat menyebabkan hilangnya visi pendidikan Islam dalam mengantisipasi industrialisasi pendidikan dan mencari solusi untuk melampauinya menjadi kebutuhan yang sangat mendasar.
Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini bertujuan mengupas landasan konsep tentang khalifatullah perspektif M. Quraish Shihab untuk mencari konsep baru kepemimpinan dalam pengembangan pendidikan Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, ada beberapa pendekatan yang digunakan penulis, yaitu metode pembahasan yang meliputi metode deduktif, metode induktif, metode komparasi, dan deskriptif. Sedangkan yang kedua menggunakan studi pustaka (library research), yaitu dengan menghimpun informasi dari bahan bacaan, buku-buku, majalah, seminar dan sumber lainnya yang relevan dengan pokok bahasan, setelah itu dipelajari dan diteliti secara cermat kemudian data tersebut digeneralisasi serta dipilah-pilah berdasarkan kesesuaian dengan tema kajian, lalu data yang diperoleh dari hasil pemilahan tersebut, dianalisis secara mendalam dengan metode analisis (content analysis)
Berdasarkan hasil dari analisis yang dilakukan, menurut M. Quraish Shihab dalam Al-Quran masalah kepemimpinan dan khalifatullah terdapat tiga kata yang menjadi rujukan makna pemimpin. Yaitu khalifah, imam dan ulil amri. Dari analisis ini menghasilkan tiga konsepsi kepemimpinan yang sesuai untuk pengembangan pendidikan Islam. Kepemimpinan sebagai khalifah, yaitu yang berada di belakang, fungsinya memberikan dorongan, fasilitas, semangat dan sebagainya. Pemimpin sebagai imam, yaitu yang berada di depan, fungsinya sebagai teladan atau imam. Kepemimpinan sebagai amir, yang bersedia untuk memerintah dan diperintah. Oleh karena itu, seorang pemimpin selalu dekat dengan rakyatnya, selalu berada di tengah-tengah mereka karena seorang pemimpin dalam memerintah tidaklah efektif jika berada di kejauhan dari rakyatnya, dan begitu juga rakyat tidak mungkin bisa memberikan permintaan, masukan dan perintah kepada pemimpinnya jika pemimpinnya tidak berada di depannya
Kedudukan khalifah yang melekat otomatis kepada manusia membuat semua manusia mendapat predikat yang sama sebagai khalifah. Namun hanya kualifikasinya saja yang berbeda. Kedudukan ini pula yang menjadi modal awal (potensi) bagi kepemimpinan pengembangan pendidikan Islam.
Makna kekhalifahan tercermin dalam peran dan fungsi kepemimpinan pengembangan pendidikan Islam, yaitu sebagai pemegang kemudi organisasi, katalisator, integrator (penyatu), dan sebagai pendidik. Fungsi dan peran inilah yang harus tercermin dalam aktifitas kepemimpinan pengembangan pendidikan Islam.
Sedangkan karakter kekhalifahan yang harus dibangun dalam kepemimpinan pengembangan pendidikan Islam yaitu kepemimpinan yang mempunyai dimensi kecerdasan emosional, dimensi nyali, dimensi kematangan karakter, dan dimensi prinsip. Karakter ini semua berasal dari cerminan kepemimpinan yang didasarkan pada kekhalifahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep; Khalifatullah; Prespektif; M. Quraish Shihab; Kepemimpinan; Pendidikan Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:14 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 11:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45080 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |