Fadilah, Siti Nur (2009) Pengaruh motivasi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar murid di MI Negeri Beji Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02110098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (718kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kehidupan manusia akan selalu disertai dengan proses interaksi dan komunikasi yang merupakan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Dari berbagai bentuk interaksi terdapat istilah interaksi pendidikan, yaitu interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran. Interaksi belajar mengajar mengandung suatu arti adanya kegiatan interaksi dari tenaga pengajar yang melaksanakan tugas mengajar di satu pihak, dengan warga belajar/peserta didik yang sedang melaksanakan kegiatan belajar, di pihak lain. Interaksi antara pengajar dan warga belajar diharapkan merupakan proses motivasi. Maksudnya, bagaimana dalam proses interaksi itu pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi kepada peserta didik, agar dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal.
Berangkat dari latar belakang di atas, maka peneliti mengambil suatu rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana pelaksanaan motivasi guru dalam meningkatkan prestasi belajar murid di MI Negeri Beji. 2) Bagaimana pengaruh motivasi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar murid di MI Negeri Beji. Dan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pelaksanaan motivasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar murid di MI Negeri Beji, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar murid di MI Negeri Beji.
Pembahasan skripsi ini menggunakan metode deduktif, induktif. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, dokumentasi, interview, dan angket.
Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus :
1. Rumus Chi Kwadrat
2. Rumus Koefisien Kontingensi
3. Derajat Kebebasan (db)
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan motivasi guru dalam meningkatkan prestasi belajar murid di MI Negeri Beji. 2) Pengaruh motivasi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar murid di MI Negeri Beji sangat membawa pengaruh yang positif bagi anak didiknya dan dapat dikategorikan cukup baik dalam memenuhi tujuan pembelajaran.
Peran motivasi guru dalam meningkatkan prestasi belajar murid di MI
Negeri Beji adalah sangat penting. Adapun bentuk-bentuk penerapan motivasi yang diberikan guru dalam proses belajar mengajar adalah: memberi angka, hadiah, kompetisi, ego-involvement, memberi ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar, tujuan yang diakui.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi guru; prestasi belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:01 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 11:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45006 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |