Roziqin, M. Fachrur (2010) Analisis butir soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XII IPS & IPA di MAN I Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
0610030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (944kB) |
Abstract
ABSTRAK
Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dengan proses belajar mengajar yang di lakukan oleh guru beserta para siswanya.Guru selaku pengajar, pendidik, dan pembimbing setiap saat melakukan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran hal ini dikarenakan seorang guru akan mendapatkan informasi sejauh mana tujuan pengajaran yang telah dicapai oleh siswa. Berangkat dari pentingnya evaluasi dan analisinya, peneliti mengangkat dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana validitas soal mata pelajaran Al- Qur’an Hadits di MAN I Bojonegoro, 2) Bagaimana daya beda soal mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN I Bojonegoro, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penyusunan soal di MAN I Bojonegoro.
Obyek penelitian ini di MAN I Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan analisis kualitatif dan kuantitatif karena fokus penelitiannya adalah menganalisis butir soal dengan melalui MicroCAT ITEMAN sebagai alat untuk mengukur sejauh mana guru Pendidikan Agama Islam dalam membuat bentuk soal terhadap siswa sehingga dapat menciptakan inovasi lembaga pendidikan yang diharapkan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode MicroCAT ITEMAN.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Validitas soal mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MAN I Bojonegoro tergolong Maksimum, hal ini ditunjukkan dengan tingkat maksimum sebesar 39,000 atau dipresentasikan 85.3%, dengan mempunyai rata-rata kesukaran sebesar 0,696. 2) Daya beda soal dengan jumlah siswa dengan rata-rata 34,775 mempunyai nilai tengah 35,000 ditunjukkan dengan daya beda antara 0,228 sampai 0,402. 3) Faktor pendukung dan penghambat MAN I Bojonegoro dalam menyusun soal adalah a) Masih banyak guru pengampu mata pelajaran Al-qur’an Hadist dalam menganalisis soal masih menggunakan manual dan hasil tes siswa tidak di arsip di dalam bank soal, b) Masih banyak ditemukan bentuk- bentuk soal yang secara penulisan masih jauh dari kesempurnaan, c) faktor pendukung dalam penilaian hasil tes siswa guru hanya memberikan hasil tes siswa kepada bagian administrasi untuk diproses bentuk soal tersebut dengan menggunakan scanner, sehingga guru hanya menerima bentuk jadi dari hasil scanner tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis Butir Soal; Evaluasi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 15:04 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 15:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44881 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |