Umam, Khoirul (2008) Peranan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman serta pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110261.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Al-Qur’an dan Hadits merupakan dua sumber utama umat Islam dalam menjalankan ibadahnya. Oleh karena itu, pemahaman terhadap keduanya merupakan keharusan bagi umat Islam. Usaha dalam melakukan paham-paham tersebut akan lebih mengena apabila dimulai sejak dini.
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah merupakan unsur mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) pada madrasah Tsanawiyah yang memberikan pendidikan kepada siswa supaya dapat memahami isi dari Al-Qur’an dan Hadits dan penerapan nilai-nilai dalam kehidupannya. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada murid untuk mempraktekan nilai-nilai keagamaan dan ahklaqul karimah. Oleh karenanya tujuan pengajaran Al-Qur’an Hadits untuk membantu pemahaman penguasaan ilmu secara teoritis dan lebih luas untuk membentuk sikap, kepribadian, dan sekaligus mengamalkan isi kandungan dari Al-Quran Hadits sebagai petunjuk hidup dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Malang I, (2) Bagaimana Peranan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Pemahaman Serta Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Malang I, (3) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Pemahaman Serta Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Malang I.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan teknik analisa deskriptif kualitatif.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Malang I menggunakan kirikulum uji coba atau terpadu bagi kelas VII, VIII dan kurikulum 2004 untuk kelas IX, untuk metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, hafalan dan resitasi (pemberian tugas), dan alokasi waktu pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah dua jam pelajaran.
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berperan dalam meningkatkan pemahaman serta pelaksanaan pendidikan Agama Islam di MTs Malang I. Adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan pemahaman siswa pada pendidikan agama Islam lainnya seperti Bahasa Arab, Fikih, Aqidah, Akhlak dan Tarikh, (2) Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa dalam menyakini kebenaran ajaran Islam yang telah dilaksanakan dalam lingkungan keluarga maupun di kehidupan masyarakat, (3) Untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman dan pengalaman ajaran agama Islam siswa dalam kehidupan sehari-hari, (4) Untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan atau budaya lain yang dapat membahayakan diri siswa dan menghambat perkembangannya menuju manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
Secara umum faktor pendukung dan penghambat mata pelajaran Al- Qur’an Hadits adalah guru yang bisa memberikan motivasi kepada siswa sehingga siswa menjadi tekun dan siswa mudah menerima pelajaran, hafalan-hafalan juga mempermudah siswa memamahmi pelajaran dan mangamalkan Pendidikan Agama Islam. Semua itu adalah faktor pendukung dari mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah belum tersedianya buku pegangan atau cetak dikarenakan kurikulum yang baru, sulitnya mencari bahan materi yang akan diajarkan karena belum tersedianya buku pegangan atau buku cetak yang dari Departemen Agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2016 15:59 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2016 15:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4484 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |