Rohmah, Ainur (2008) Pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia; Survei pada konsumen Handphone Global Teleshop Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04610017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (706kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kelompok acuan merupakan kelompok atau individu yang memiliki pengaruh secara langsung (tatap muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang. Seorang anak sebagai konsumen akan memperoleh sosialisasi dan pengaruh baik dari anggota keluarga maupun teman-temannya, mereka akan mempengaruhi seorang anak dalam membeli produk dan jasa, dan pemilihan merek maupun selera terhadapsuatu produk dan jasa. Sebagai obyek dalam penelitian ini adalah Global Teleshop cabang Malang. Global Teleshop merupakan salah satu outlet resmi Nokia yang didirikan untuk menjamin ketersediaan (availability) barang dan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian exploratory research atau penelitian penjelasan. Dalam pelaksanaannya, explanatory research menggunakan metode penelitian survei. Pengambilan sampel dalam analisa faktor adalah minimal empat kali atau lima kali jumlah instrumen pertanyaan yaitu sebanyak 19 X 4 = 76 responden, dengan teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui kelompok acuan secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 9,8% sedangkan yang 80,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial variabel keluarga mempunyai pengaruh sebesar 7,1%, variabel kelompok persahabatan sebesar 1,5% dan variabel kelompok kerja sebesar 18,5%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kelompok acuan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Nokia.
ABSTRACT
The group of reference is a set of people or an individual who has the direct or indirect influence to the attitude of the person. A child as the consumer obtains the good persuasion from someone else; they could persuade a child to buy such kind of the product or service. The object of this research is Global Teleshop, branch of Malang. It is one of legal Nokia’s offices which are established to provide the availability goods and serve the best service to the consumers.
This research is including to exploratory research and used survey method. The samples are taken for about four or five times of the question instruments; it is 19 x 4 = 76 respondents. The techniques of collecting data are questionnaires, interviews, and documentations. The method to analyze the data used double regressions.
The result of analysis showed that the group of reference has influences 98% simultaneously. While 80,2 % is influenced by others variable which are not analyzed. Partially, the family influences 7,1%, the group of friendship influences 1,5% and the group of the work influences 18,5%.
The researcher inferred that the group of reference has no significant influence in buying Nokia handphone.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kelompok acuan; keputusan pembelian; The Reference Group; deciding to buy | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 13:29 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 13:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44838 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |