Ja’far, Ahmad (2008) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk kerajinan Manik-manik pada CV. Tata Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (925kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Strategi pemasaran merupakan sarana untuk mengkomunikasikan tujuan perusahaan dengan arah yang hendak ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut kepada para stakeholder atau pihak-pihak yang mempunyai keputusan terhadap perusahaan. Maka jelas bahwa strategi pemasaran merupakan poin yang sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan jasa maupun non jasa agar tetap dapat bersaing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dari strategi pemasaran pada CV. Tata Jombang dan menganalisa posisi perusahaan serta strategi apa yang harus dilakukan oleh CV. Tata Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Tata Jombang adalah Strategi Stabilitas (Stability) yaitu menekankan pada tidak bertambahnya produk, pasar dan fungsi-fungsi perusahaan, lebih pada upaya peningkatan efesiensi dalam rangka peningkatan kinerja dan keuntungan. Strategi ini relatif memiliki resiko yang rendah. (2) melalui analisa EFAS (External Strategic Factor Analisys Summary) diperoleh skor total 2,55 dan melalui analisa IFAS (Internal Strategic Factor Analisys Summary) diperoleh skor total 2,50. Sehingga nilai tersebut dimasukan pada SWOT Analisis yang menunjukkan posisi CV. Tata Jombang pada kuadran I, strategi yang sesuai adalah strategi agresif atau strategi ekspansi artinya perusahaan dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan dengan memaksimalkan kekuatan internal dan eksternal perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan dan keunggulan bersaing.
Saran yang diberikan peneliti kepada CV. Tata Jombang adalah dengan mengetahui hasil dari penelitian strategi pemasaran perusahaan, maka diharapkan agar CV. Tata Jombang lebih memperhatikan pemasaran produk manik-manik dengan memanfaatkan teknologi (internet) sebagai media promosi.
ABSTRACT
Marketing strategy is a way to communicate the aim of the company with the passed direction to reach those aims to the stakeholders or other sides which have decision in the company. So, it is clear that marketing strategy is a very important point to be applied by service and non-service company in order to be able to compete.
The aim of this research is to describe the marketing strategy on CV. Tata Jombang. The method that is used in this research is descriptive by using case study research to the object of research and using observation, interview and documentation methods. While the data analysis technique used is SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) analysis technique.
The results of the research show that (1) marketing strategy that is used by CV. Tata Jombang is Stability strategy that is emphasized on unincreased products, market and company functions, and more to the effort of the efficiency in work and profit increasing. This strategy is relatively has low risk. (2) Through EFAS analysis (External Strategic Factor Analysis Summary) is gained 2.55 total score and through IFAS analysis (Internal Strategic Factor Analysis Summary) is gained 2.50 total score. Therefore, those scores are set on SWOT analysis which shows the position of CV. Tata Jombang. In the first quadrant, the suitable strategy is aggressive and expansion strategies, it means the company is in good and stable condition, so it is possible to continue expansion, enlarge the growth and reach advance by maximizing internal and external strength in increasing selling volume and superiority in competing.
The researcher suggestion to CV. Tata Jombang is by knowing the result of this research in company marketing strategy is hoped that CV. Tata Jombang give more attention to the marketing of beads by using technology (internet) as promotion media. And also expands the market of beads in supermarkets, malls or outlets that is spread in big cities like Jakarta, Bandung and others.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pemasaran; Volume Penjualan; Marketing Strategy; Selling Volume | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:27 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44718 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |