Prayanto, Agus (2008) Pengaruh Kepemimpinan dan kecerdasan emosi terhadap loyalitas karyawan: Pada Koperasi SAE Pujon Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110139.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (699kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam sebuah organisasi atau perusahaan tidak lepas dengan adanya pemimpin dan bawahan yang mengemban tanggungjawab dan dituntut memiliki sikap kesetian, kesungguhan, kecakapan, kecermatan, gairah kerja, serta kekompakan dalam melaksanakan tugasnya. Dengan kata lain memiliki loyalitas yang tinggi tidak mudah menyerah bila mendapat kesulitan-kesulitan dalam melaksanakan pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Loyalitas karyawan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kepemimpinan dan kecerdasan emosi di duga dapat mempengaruhi secara positif terhadap loyalitas karyawan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh kepemimpinan dan kecerdasan emosi terhadap loyalitas karyawan di Koperasi ”SAE” Pujon Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Dengan Jumlah Sampel 71 responden. Variabel bebasnya kepemimpnan dan kecerdasan emosi sedangkan variabel terikatnya loyalitas karyawan. Pengujuan instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabelitas sedangkan metode analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian analisa secara simultan (bersama-sama) menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y). Dengan nilai F hitung (12,057) > F tabel (3,11). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini adalah 24%. Sedangkan sisanya yaitu 76% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil analisisa secara parsial membuktikan bahwa kepemimpinan (X1) merupakan variabel yang berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas karyawan Koperasi ”SAE” dengan nilai t hitung X1 (1,909) > t tabel (1,666). Sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, dan variabel kecerdasan emosi juga berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas karyawan Koperasi “SAE”, dengan nilai t hitung X2 (1,926) > t tabel (1,666) sehingga hipotesis Ha diterimadan Ho ditolak. Dari analisis uji parsial diatas dapat disimpulkan bahwa variabel kecerdasan emosi (X2) yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel terikat loyalitas karyawan Koperasi ”SAE” Pujon Malang dengan nilai hitung X2 1,926.
ABSTRACT
In an organization or company, it can’t be set free from the existence of the leader and subordinate which has responsibility and claimed to have attitude of loyalty, seriousness, efficiency, careful, enthusiasm, and also solidarity in doing their duty. Equally they have high loyalty, not easy to surrender when getting difficulties in working which are charged upon by. Employee’s loyalty can be influenced by some factors. Leadership and intelligence of emotion are suspected can influence positively to employee’s loyalty.
The targets of this research are to analyze and prove the influence of leadership and intelligence of emotion to employee’s loyalty at “SAE” Cooperation, Pujon, Malang. This research represents quantitative research with an approach of survey. The amount of sample is 71 responders, the free variable is leadership and intelligence of emotion, and the variable tied is employee’s loyalty. The instrument by using validity test and reliability and the method of analyzing data by using doubled linear regression with test of F and t.
The result of the analysis, simultaneously (together) indicate that variable of X has significant influence to variable Y. With value of F count (12,057) > F table (3,11). So that Ha is accepted and Ho is refused. The level of influence of free variable to tied variable in this research is 24% and the rest is 76% influenced by other variable. The result of analysis partially prove that leadership (X1) represent variable have an effect on partially to the “SAE” Cooperation employee’s loyalty with value of t count X1 (1,909) > t table (1,666). So that hypothesis of Ha is accepted and Ho is refused. The variable of intelligence of emotion also has an influence partially to employee’s loyalty of “SAE” cooperation, with value of t count X2 (1,926) > t table (1,666) so that hypothesis of Ha is accepted and Ho is refused. From the analysis of partial test above can be concluded that variable of intelligence of emotion (X2) having dominant influence to tied variable of “SAE” Cooperation’s employee’s loyalty, Pujon, Malang with value of t count X2 is 1,926.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyanto, Achmad Sani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepemimpinan; Kecerdasan Emosi; Loyalitas Karyawan; Leadership Intelligence of emotion Employee’s loyalty | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44568 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |