Responsive Banner

Konsep pengembangan Perpustakaan Digital bertaraf Internasional sebagai sarana meningkatkan kualitas pendidikan di Perguruan Tinggi

Huda, Aan Roudlotul (2008) Konsep pengembangan Perpustakaan Digital bertaraf Internasional sebagai sarana meningkatkan kualitas pendidikan di Perguruan Tinggi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (378kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan, menyegarkan, dan mengasyikkan. Oleh karena itu perpustakaan perlu dibangun agar dapat berkembang dengan baik pada era globalisasi ini.

Perkembangan dunia perpustakaan, dari segi data dan dokumen yang disimpan, dimulai dari perpustakaan tradisional yang hanya terdiri dari kumpulan koleksi buku tanpa katalog, kemudian muncul perpustakaan semi modern yang menggunakan katalog (index). Perkembangan mutakhir adalah munculnya perpustakaan digital (digital library) yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pengaksesan karena berorientasi ke data digital dan media jaringan komputer (internet).

Pengembangan perpustakaan digital atau e-library bagi tenaga pengelola perpustakaan dapat membantu pekerjaan di perpustakaan melalui fungsi sistem otomasi perpustakaan, sehingga proses pengelolaan perpustakaan lebih efektif dan efisien. Fungsi sistem otomasi perpustakaan menitikberatkan pada bagaimana mengontrol sistem administrasi layanan secara otomatis/terkomputerisasi. Sedangkan bagi pengguna perpustakaan dapat membantu mencari sumber-sumber informasi yang diinginkan dengan menggunakan catalog on-line yang dapat diakses melalui intranet maupun internet, sehingga pencarian informasi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun ia berada.

Strategi yang ditawarkan untuk mengembangkan perpustakaan digital yaitu melalui sistem perpustakaan digital dimana merupakan konsep menggunakan internet dan teknologi informasi dalam menajemen perpustakaan mengembangkan perpustakaan yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi atau information and communication technology (ICT based).

Dengan tujuan menerapkan perpustakaan berbasis digital tersebut di atas, apa yang direncanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebagai institusi yang melaksanakan pengawasan, pengendalian, dan pembinaan perguruan tinggi telah menargetkan bahwa pada tahun 2008 terdapat 25 (dua puluh lima) perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia akan dapat mencapai kualitas yang berstandar atau bertaraf internasional akan tercapai.

Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat di sampaikan di sini bahwasannya konsep perpustakan digital yang penulis tawarkan dalam pembahasan skripsi ini adalah salah satu alternative yang dapat dilakukan demi mendapatkan out put (alumnus) yang kompetitif dan berwawasan global, seperti halnya kampus-kampus modern di Eropa dan Barat yang leading dalam dunia pendidikan dan demi tercainya pendidikan di perguruan tinggi berstandar Internasional, maka otomatis perpustakaan menjadi prioritas utama agar tercapai tujuan tersebut. Kalaupun masih ada alternative lain yang mungkin lebih baik dari pada yang teleh disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hjal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasyim, Farid
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHasyim, FaridUNSPECIFIED
Keywords: Konsep Perpustakaan Digital; Bertaraf Internasional
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 18 Jan 2023 14:47
Last Modified: 18 Jan 2023 14:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44564

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item