Rinawati, Dini (2008) Peran manajer personalia dalam meningkatkan kinerja dan rasa tanggung jawab pada PT. Industri Sandang Simping Probolinggo dalam perspektif Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02160028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (531kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perubahan situasi yang terjadi hampir setiap saat, baik kondisi internal maupun eksternal membuat semua jajaran pimpinan harus selalu jeli mencermati perubahan disekitar perusahaan. Perubahan ini yang terjadi dipicu oleh berbagai faktor seperti kompetisi secara global, peraturan pemerintah, perubahan teknologi, kondisi ekonomi dan sebagainnya yang akan mempengaruhi kelangsungan organisasai yang akan datang. Melihat kondisi seperti itu setiap organisasi dituntut cepat tanggap fast response terhadap kondisi yang terjadi dan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan adaptable. Persaingan yang semakin ketat perusahaan terpicu untuk terus meningkatkan kinerja karyawan untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Organisasi masa depan adalah organisasi pembaruan, mudah menyesuaikan diri, dan merespon dengan cepat perubahan yang terjadi, sehingga organisas akan mampu bertahan dan menang dalam persaingan. Di samping itu perusahaan juga dapat memegang kendali industrinya dengan menciptakan pasar di masa depan, oleh karena itu diperlukan pemimpin yang dapat meramu visi dan misinya, SDM, dan strategi bersaing agar dapat menciptakan organisasi kelas dunia . Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang adalah pemimpin yang mau mendengarkan kritik , memperhatikan isi kritik, bukan mencari siapa pengkritik
Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dari
pengadaan, pengembangan, pemberian kompensiasi, pengintegrasian dan pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud untuk membantu mencapai tujuan perusahaan, individu dan masyarakat.
“Kinerja merupakan perbandingan hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja peersatuan
waktu lazimnya perjam. Kinerja merupakan output, efisiensi serta efektivitas yang sering dihubungkan dengan produktivitas yang dihasilkan dalam priode tertentu dengan tanggung jawab yang diberikan pada karyawan.
Adapun rumusan masalah judul diatas adalah: peran apa yang dilakukan menajer personalia dalam
meningkatkan kinerja dan rasa tanggung jawab karyawan kepada PT Industri Sandang Simping Probolingo, adapun faktor apa yang menghambat dan yang mendukung dalam upaya peningkatan kinerja dan rasa tanggung jawab karyawan pada PT. Industri Sandang Simping Probolinggo . Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran umum tentang peranan Manajer personalia dalam upaya meningkatkan kinerja dan rasa tanggung jawab karyawan, dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung manajer personalia dalam meningkatkan kinerja rasa tanggung jawab karyawan .
Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran tentang keadaan perusahaan yang sebenarnya. Metode yang digunakan dalam memperoleh data adalah interview, observasi, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data diskriptif.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Manajer personalia perusahaan PT. Industri Sandang Simping Probolinggo dalam upaya meningktakan kinerja rasa tanggung jawab karyawan dalam melaksankan program kerja seperi pameran, dies natalis, study banding. 2) perusahaan PT. Industri Sandang Simping dalam upaya meningkatkan kinerja dan rasa tanggung jawab karyawan memiliki beberapa faktor pendukung diantaranya lingkungan yang sangat mendukung, manajemen, patner kerja ramah, fasilitas yang sangat memuaskan. Sedangkan faktor penghambat dari upaya manajer personalia dalam meningkatkan kinerja karyawan adalah sistem karyawan kontrak yang membebani manajer personalia, karena setiap panen harus mentraining lagi karyawan kontrak tersebut, motivasi karyawan kurang ini dalam hal mensejahterkan karyawan yang setiap tahun ada refresing yang melibatkan semua karyawan yang mana seluruh karyawan terkadang ada yang tidak diikutkan sehingga karyawan kecewa, ketika terdapat masalah penyelesaiannya tidak langsung diatasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Manajer Personalia; Kinerja;Rasa Tangguing Jawab karyawan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2016 10:36 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2016 10:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4407 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |