Kristian, Lilik Rodiana (2006) Pengaruh Interaski orang tua- anak terhadap Kreativitas Verbal siswa kelas 2 SMP Dharma Wanita Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02410059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (259kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pada era modern saat ini sumber daya manusia yang memiliki potensi yang siap bersaing secara sehat, berdasarkan usaha kreatif yang dimilikinya sangatlah penting. Akan tetapi kreativitas tidak dapat muncul secara instant akan tetapi memerlukan latihan-latihan sebagai salah satu sarana pendukungnya. Pembentukan kreativitas anak tak lepas dengan adanya komunikasi dan interaksi dengan lingkungan terdekatnya, salah satunya adalah keluarga, karena keluarga merupakan guru/lingkungan pertama dalam kehidupan anak. Anak-anak yang memperoleh kebebasan berekspresi akan semakin baik perkembangan kreativitasnya daripada anak-anak yang lebih banyak memperoleh tekanan dari orangtuanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat interaksi orangtua-anak dan kreativitas verbal serta korelasi kedua variable yang dimiliki siswa kelas 2 SMP Dharma Wanita Malang.
Untuk pengambilan data, dalam hal ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 58 siswa yang terdiri dari 2 kelas pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik populasi sampling. Adapun untuk tehnik pengumpulan data adalah menggunakan metode tes dan angket. Metode test yang pakai adalah tes kreativitas verbal (TKV) dari Utami Munandar, dan metode angket yakni kuesioner interaksi orang tua –anak. Selain data diatas di tunjang pula dengan metode observasi, dan dokumentasi. Untuk analisa data angket interaksi orang tu-anak dalam mengukur validitas, peneliti menggunakan product moment dari karl pearson, sedangkan untuk reliabilitas peneliti menggunkan rumus Alpha cronbach, untuk mengetahui pengaruh antara variabel interaksi orang tua- anak dan variabel kreativitas verbal maka peneliti menggunakan korelasi product moment dari pearson dengan bantuan program SPSS seri 10 for Windows. Sedangkan untuk variabel kreativitas verbal siswa, peneliti tidak tidak melakukan uji validitas dan reliabilitas karena sudah dinyatakan valid sehingga tidak perlu dilkukan pengujian kembali.
Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa interaksi orang tua- anak siswa SMP Dharma Wanita Malang didapatkan tiga kategori yakni; tinggi, sedang, dan rendah, yang mana pada kategori tinggi terdapat 7 siswa atau 12,07%, pada kategori sedang sebanyak 42 siswa atau 72,41%, sedangkan pada kategori rendah sebanyak 9 siswa atau 15,52%. Untuk kreativitas verbal siswa didapatkan hasil untuk kategori tinggi sebanyak 6 siswa atau 10,38%, pada kategori sedang sebanyak 42 siswa atau 72,41 % sedangkan pada kategori rendah sebanyak 10 siswa atau 17,24%. Dari hasil diatas didapatkan (rhitung = 0,539 > rtabel = 0,25) yang membuktikan hipotesa diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara interaksi orang tua –anak dengan kreativitas verbal siswa kelas 2
SMP Dharma Wanita Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Interaksi orang tua-anak; Kreativitas Verbal | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 13:53 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2023 13:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43807 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |