Muflihah, Siti (2004) Pengaruh kecerdasan Emosional terhadap penyesuaian diri pada remaja kelas I dan II Di Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
98150475.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penyesuaian diri dibutuhkan oleh semua orang disetiap pertumbuhan mananapun terutama pada masa remaja, karena pada saat ini remaja dihadapkan pada berbagai kegoncangan dan perubahan di dalam dirinya, baik perubahan fisik, psikologis maupun social. Perubahan-perubahan yang begitu cepat menuntut kemampuan individu mengikuti perubahan tersebut, tanpa kemampuan mengikuti perubahan tersebut individu akan mengalami kesukaran dan masalah-masalah pribadi maupun social. Dasawarsa terakhir ini telah mencatat berbagai permasalahan remaja yang mengindikasikan ketidak mampuan remaja dalam menyesuaikan diri dan rapuhnya kehidupan emosional mereka. Keberhasilan seseorang dalam penyesuaian diri dipengaruhi oleh baik buruknya emosional yang dimiliki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan tingkat penyesuaian diri pada remaja serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada remaja kelas I dan II di Madrasah Aliyah AN-NUR Bululawang. Adapun populasinya adalah remaja (siswa) kelas I dan II di Madrasah Aliyah AN-NUR sebanyak 290 orang dan sampelnya sebanyak 60 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pupossive sampling.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini aalah angket, sedangkan metode analisa yang digunakan adalah analisa regresi dengan menggunakan SPS versi IBM/IN. Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan tingkat penyesuaian diri digunakan skor standard berupa skor T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja Kelas I dan II di Madrasah Aliyah AN-NUR Bululawang sebagian besar memiliki kecerdasan emosional sedang atau cukup tinggi yakni sebanyak 35% demikian juga halnya dengan penyesuaian dirinya tergolong sedang yakni 36,67%. Sedangkan hasil penelitian mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri didapatkan F = 33,847 dengan P = 0,000 atau Fhit = (33,847) > Ftab 5% (4,00). Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan terhadap penyesuaian diri, karena nilai P < 0,01, untuk koefisien determinan r2 diperoleh hasil 0,369 atau 36,9% yang berartu bahwa sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri sebesar 36,9% dan sisanya 63,1% dipengaruhi oleh variable lain.
ABSTRACT
Self-adaptation is required by all people at every place for teenager time, because, during this time, the teenager is faced with some impulse and change into themselves, such as physical change, psychological change, and social change. The quick changing is demanding individual ability to follow the changing, without ability to follow the changing, individual will get difficulty and personal of social problem. This last ten years has noted some teenager problems that indicate inability of teenager in self-adaptation and their vulnerable emotional life. The achievement of individual in self adaptation is influenced by their good or bad emotional.
This research is aimed to know emotional intelligence level and self- adaptation level for teenager and to know emotional intelligence effect toward self- adaptation of teenager Class I and II at Madrasah Aliyah AN-NUR Bululawang Malang. The population of research is teenager (student) at class I and II Madrasah Aliyah AN-NUR as many as 290 people and the sample as many as 60 people. The taking sample of research is purposive sampling.
Collecting data method used of the research is questionnaire. While the analysis data method used is regression analysis with using SPS version IBM/IN. To know emotional intelligence level and self-adaptation level is used standard score as T-score.
The result research showed that teenager Class I and II at Madrasah Aliyah AN-NUR Bululawang most of have middle or high enough emotional intelligence, this is 35%. It is also for self-adaptation to be middle, this is 36,67%. But, result of research about emotional intelligence effect toward self-adaptation was obtained F = 33,847 with P = 0,000 or Fcount = (33,847) > Ftab 5% (4,00). It is meant that there is positive effect and significant intelligence toward self-adaptation, because value of P
< 0,01, for determinant coefficient r2 is obtained result as much 0,369 or 36,9%. It is meant that effective contribution of emotional intelligence toward self-adaptation as much 36,9% and the remaining 63,1% are influenced by other variable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Utami, Sri Weni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Penyesuaian Diri;Emotional Intelligence; Self-Adaptation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 11:25 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2023 11:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43780 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |