Pertamawati, Noviani (2008) Penerapan metode Glenn Doman untuk meningkatkan kemampuan membaca anak yang memiliki gangguan cerebral palsy. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Membaca merupakan salah satu aktivitas yang paling penting dalam kehidupan manusia dan dapat dikatakan bahwa semua proses didasarkan pada kemampuan membaca. Membaca merupakan kemampuan sensorik, dimana mata dan telinga bekerja. Kemampuan membaca inilah yang telah dikembangkan oleh Glenn Doman. Metode Glenn Doman merupakan metode yang menarik dan menyenangkan untuk menstimulasi otak anak sehingga sel-sel otak anak dapat terbentuk dengan lebih baik. Metode ini dilakukan dengan menggunakan media flashcard (untuk mengajar membaca). Penerapan metode Glenn Doman mulai berkembang pada anak cedera otak, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti penerapan Glenn Doman terhadap kemampuan membaca anak yang memiliki gangguan cerebral palsy. Berpijak pada uraian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran metode Glenn Doman dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca anak yang memiliki gangguan cerebral palsy.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus karena pada dasarnya penelitian ini bermaksud untuk mengkaji secara rinci dan mendalam satu latar atau satu orang subyek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu. Penelitian ini pun menggunakan analisa data secara simultan dan terus menerus sesuai karakteristik penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Glenn Doman dalam mengajarkan membaca pada anak cerebral palsy berhasil dilakukan dan berdampak positif pada beberapa faktor dukungan dari segi faal yang berhubungan dengan broca’s area dan neuron. sedangkan dari segi psikologis yaitu salah satunya metode ini tidak terlepas adanya dukungan dan kerjasama orangtua dalam menerapkannya, adanya motivasi dari orangtua dan hadiah. Metode ini pun bagi anak cerebral palsy terdapat beberapa program lainnya seperti patterning, masking dan sebagainya yang akan menunjang keberhasilan membaca anak cerebral palsy dan dapat meningkatkan serta mengembangkan kemampuan motorik anak tersebut.
INGGRIS:
Reading is one of the important activities in the human being life and we can say that all of process based on reading ability. Reading is sensoric ability, where the eyes and the ears work. This reading ability which was developed by Glenn Doman is the attractive and gratify in order to stimulate children’s brain until their brain cell started to formed better. This method was applied by utilizing flashcard media (to teach them on reading). The assembling of this Glenn Doman method started to be developed to the traitorous children, therefore the researcher was attracted to have a research of Glenn Doman method aplication for increasing the children reading’s ability the cerebral palsy errors. After standing on those description, then the purpose of this research was knowing the aplication of Glenn Doman method for increasing the reading ability of the children cerebral palsy errors.
This research used the kind of descriptive qualitative research in the form of case study because this research basically mean to recite it more detail and profoundly like a background, a subject, a document storage or a certain fact. This research also resorted to the date analysis simultaneously and continually based on qualitative research characteristics.
The research results pointed out that Glenn Doman method was Succeded to teach reading especially for the cerebral palsy children and it had owned positive impacts to the supporting factors. From the functional side, it was related by broca’s area and neuron. It is as same as considered from the psychological side, one of them, this method would never released without any supporting and cooperation of the parent to apply it, besides, giving motivation and also a gift were also important. This method also had owned some other programs to the cerebral palsy children such as patterning, masking, etc. which have certain function. Including in it, supporting the success of reading ability for the cerebral palsy children and also developing and improving motoric ability of those children.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholichatun, Yulia | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Glenn Doman; Membaca; Cerebral Palsy; Glenn Doman method; reading | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2016 10:02 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4366 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |