Rizqiyah, Khoirinnisa' Rahmah (2020) Strategi ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada santri TPQ At-Taqwa di Komplek TNI-AU Kartanegara Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110150.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam mewujudkan misi Pendidikan Agama Islam yaitu untuk membentuk peserta didik yang berkarkter Islami serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti, cerdas, kreatif, maka adanya pembelajaran pendidikan Agama Islam adalah sebagai salah satu upaya untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan Agama Islam pada peserta didik. Dengan demikian, pendidik berperan sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam. Nilai-nilai tersebut disampaikan pendidik bukan dengan cara yang biasa, tetapi menggunakan strategi pembelajaran yang mendukung kelancaran dalam menyampaikan materi pembelajaran. Oleh karena itu, di TPQ At- Taqwa Singosari Malang menerapkan strategi pembelajaran yang tepat dan mendukung ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan permasalahan diatas, tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui kegiatan keagamaan yang ada di TPQ At-Taqwa Singosari Malang, (2) menjelaskan strategi ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam di TPQ At-Taqwa Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, kegiatan keagamaan yang ada di TPQ At-Taqwa meliputi : Sholat Ashar berjama’ah, mengaji, hafalan surat pendek, hafalan do’a harian, praktek sholat dan praktek wudhu, pembacaan sholawat Nabi atau Maulid Diba’, pelajaran fiqh, aqidah akhlak, tajwid, bahasa arab, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). Sedangkan strategi ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam di TPQ At-Taqwa Singosari Malang yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berupa Kitab Bil Qolam jilid I – IV. Kitab Mabadadiul Fiqhiyyah, kitab tajwid, kitab Aqidah Akhlak, kitab Madaarijul duruusul ‘arabiyyah, dan Kitabaaty (kitab pembelajaran menulis Arab).
ENGLISH:
In realizing the mission of Islamic Education which is to form students who have Islamic character and develop the potential of students to become human beings who have faith and devote to God Almighty, have good character, be virtuous, intelligent, creative, then the existence of Islamic Education learning is as one of the efforts to convey the values of Islamic education to students. Thus, educators play a very important role in instilling the values of Islamic education. These values are conveyed by educators not in the usual way, but using learning strategies that support fluency in delivering learning material. Therefore, at TPQ At-Taqwa Singosari Malang implemented an appropriate learning strategy and supported the cleric in instilling the values of Islamic education.
Based on the above problems, the purpose of this study is to: (1) find out religious activities in TPQ At-Taqwa Singosari Malang, (2) explain the ustadzah's strategy in instilling Islamic religious education values at TPQ At-Taqwa Singosari Malang.
This research uses descriptive qualitative research. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. Data were analyzed by reducing data, presenting data, and drawing conclusions.
From this study it can be concluded that, religious activities in the At- Taqwa TPQ include: Asr Prayers in congregation, chanting, memorizing short letters, memorizing daily prayers, prayer and ablution practices, recitation of the Prophet's prayer or Maulid Diba ', lessons of fiqh, aqidah morals, recitation, Arabic language, PHBI (Commemoration of Islamic Holidays). While the ustadzah's strategy in instilling the values of Islamic education in TPQ At-Taqwa Singosari Malang is by using learning media in the form of the Book Bil Qolam volumes I - IV. The Book of Mabadadiul Fiqhiyyah, the book of recitation, the book of Aqeedah Morals, the book of Madaarijul duruusul ‘arabiyyah, and the Kitabaaty (Arabic writing learning book).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam; Strategy; Islamic Education Values; الكلماتِالرئيسية:ِالاستراتيجيةِ،ِقيماتِالتربيةِالإسلامية | ||||||
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Khoirinnisa' Rahmah Rizqiyah | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 09:52 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2023 09:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43512 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |