Ahyana, Aldin (2023) Peran orang tua karir dalam meningkatkan motivasi anak menghafal Al Qur’an: Studi kasus Al Adn Sudimoro Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
200101210059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Orang tua menjadi lingkungan pertama dalam memberikan motivasi belajar kepada anak karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapat pendidikan dan bimbingan. Peran orang tua dalam keluarga sangat penting terhadap perkembangan anak terutama dalam hal menghafal al Qur’an. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang sering dijumpai anak. Lingkungan keluarga akan mempengaruhi perilaku anak. Oleh karena itu, orang tua harus membimbing dan memberikan contoh yang baik pada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua karir dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al Qur’an, perencanaan serta langkah-langkah dan metode yang dilakukan oleh orang tua karir di rumah dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al Qur’an, mendeskripsikan metode serta faktor-faktor apa saja pendukung keberhasilan peningkatan motivasi anak menghafal al Qur’an dan mendeskripsikan dampak dari peran orang tua karir dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al Qur’an di lembaga Rumah Tahfidz Balita, Anak, dan Remaja Al Adn Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis case study. Pengumpulan data menggunakan observasi kepada sepuluh partisipan yaitu lima wali santri dan lima santri dan kepala pengasuhan Al Adn, wawancara mendalam kepa lima wali santri dan lima santri dan kepala pengasuhan Al Adn dan dokumentasi kegiatan dirumah dan di Al Adn. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua karir adalah sebagai pendidik utama bagi anaknya dengan selalu memberikan arahan serta nasehat yang baik kepada anak dalam proses menghafal al qur’an, sebagai pembimbing dengan selalu memberikan arahan dan bimbingan dalam proses menghafal al qur’an baik dirumah maupun di Al Adn, sebagai pendorong dengan selalu memberikan semangat kepada anak dalam proses menghafal al qur’an dirumah, dan sebagai fasilitator yang selalu memberikan fasilitas terbaik bagi anak dalam proses menghafal al qur’’an dirumah. Sedangkan metode yang digunakan untuk meningkatkan motivasi anak menghafal al Qur’an adalah: 1. Pembiasaan yang dilakukan terhadap kegiatan anak ketika dirumah dengan menyibukkan kegiatan sehari-hari dengan menghafal al qur’an 2. Keteladanan yang diberikan orang tua terhadap anak dalam kegiatan sehari-hari sehingga anak memiliki rasa percaya kepada orang tua 3. Memilih teman dalam kebaikan dan berjuang bersama dalam peningkatan proses menghafal al qur’an merupakan salah satu faktor meningkatnya hafalan anak. Sedangkan faktor dari keberhasilan metode ini yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal meliputi kedekatan antara orang tua dan anak, teman dan lingkungan. Dan adapun dampak dari metode yang diterapkan orang tua karir dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al Qur’an adalah munculnya ketekunan dalam menghafal al Qur’an yang dilakukan oleh anak saat menghafal dirumag, ulet dalam menghadapi kesulitan dalam kehidupannya sehari-hari, adanya dorongan dan timbulnya kebutuhan menghafal al Qur’an ketika dirumah tanpa adanya paksaan dan perintah dari orang tua namun datangnya dari hati sang anak , menunjukkan perhatian dan minat terhadap al Qur’an dengan dibuktikan meningkatnya progress hafalan anak setiap semesternya, serta adanya hasrat dan keinginan berhasil dalam menghafal al Qur’an dimana anak memiliki cita-cita yang lebih tinggi lagi ketika selesai menghafal al Qur’an
ABSTRACT
Parents become the first environment in providing motivation for learning to children because it is in this family that children first get education and guidance. The role of parents in the family is very important to the development of children, especially in terms of memorizing the Qur'an. The family is the first environment that children often encounter. The family environment will affect the behavior of the child. Therefore, parents should guide and set a good example for the child.
This study aims to describe the role of career parents in increasing children's motivation to memorize the Qur'an, planning and steps and methods carried out by career parents at home in increasing children's motivation to memorize the Qur'an, describe what factors support the success of increasing children's motivation to memorize the Qur'an and describe the impact of the role of career parents in increasing children's motivation to memorize the Qur'an in the Home institution Tahfidz Toddler, Child, and Teenager Al Adn Malang.
This research uses qualitative research with the type of case study. Data collection used observations to ten participants, namely five guardians of students and five students and the head of Al Adn care, in-depth interviews of five guardians of students and five students and head of care of Al Adn and documentation of activities at home and in Al Adn. Data analysis techniques are carried out through four stages, namely, data collection, data reduction, data presentation, and data retrieval.
The results of this study show that the role of career parents is as the main educator for their children by always providing good direction and advice to children in the process of memorizing the Qur'an, as a guide by always providing direction and guidance in the process of memorizing the Qur'an both at home and in Al Adn, as an encouragement by always encouraging children in the process of memorizing the Qur'an at home, And as a facilitator who always provides the best facilities for children in the process of memorizing the Qur''an at home. While the methods used to increase children's motivation to memorize the Qur'an are: 1. Habituation carried out to children's activities when at home by busying daily activities by memorizing the Qur'an 2. The example given by parents to children in daily activities so that children have trust in parents 3. Choosing friends in kindness and striving together in improving the process of memorizing the Qur'an is one of the factors for increasing children's memorization. While the factors of the success of this method are internal and external factors. External factors include the closeness between parent and child, friends and the environment. And the impact of the method applied by career parents in increasing the motivation of children to memorize the Qur'an is the emergence of perseverance in memorizing the Qur'an carried out by children when memorizing dirumag, tenacious in facing difficulties in their daily lives, encouragement and the emergence of the need to memorize the Qur'an when at home without any coercion and commands from parents but it comes from the child's heart, showing attention and interest in the Qur'an as evidenced by the increasing progress of children's memorization every semester, as well as the desire and desire to succeed in memorizing the Qur'an where children have even higher aspirations when they finish memorizing the Qur'an
مستخلص البحث
يصبح الوالدين البيئة الأولى في توفير الدافع للتعلم للأطفال لأنه في هذه الأسرة يحصل الأطفال أولا على التعليم والتوجيه. دور الوالدين في الأسرة مهم جدا لتنمية الأطفال ، خاصة فيما يتعلق بحفظ القرآن. الأسرة هي البيئة الأولى التي غالبا ما يواجهها الأطفال. ستؤثر البيئة الأسرية على سلوك الطفل. لذلك ، يجب على الوالدين توجيه الأطفال ويعطي المثال جيدا الي الطفل تهدف هذه الدراسة إلى وصف دور الوالدين المهنيين في زيادة دافعية الأطفال لحفظ القرآن الكريم، والتخطيط والخطوات والأساليب التي يقوم بها الوالدين المهنيون في المنزل في زيادة دافعية الأطفال لحفظ القرآن، ووصف العوامل الداعمة لنجاح زيادة دافعية الأطفال لحفظ القرآن الكريم، ووصف أثر دور الآباء المهنيين في زيادة دافعية الأطفال لحفظ القرآن الكريم في بيت التحفيظ للأطفال والمراهق العدن مالانغ. يستخدم هذا البحث البحث النوعي مع نوع دراسة الحالة.
واستخدم جمع البيانات ملاحظة المشاركين والمقابلات المتعمقة والتوثيق. يتم تنفيذ تقنيات تحليل البيانات من خلال أربع مراحل ، وهي جمع البيانات ، والحد من البيانات ، وعرض البيانات ، واسترجاع البيانات.
تظهر نتائج هذه الدراسة أن دور الوالدين المهنيين هو كمرشد وكسائق وكميسر. في حين أن الأساليب المستخدمة لزيادة دافع الأطفال لحفظ القرآن هي: 1. التعود ، 2. المثال ، 3. الأصدقاء والبيئة. في حين أن عوامل نجاح هذه الطريقة هي عوامل داخلية وخارجية. وتشمل العوامل الخارجية التقارب بين الوالدين والطفل والأصدقاء والبيئة. ومن أثر المنهج الذي يطبقه الوالدين المهنيون في زيادة دافعية الأطفال لحفظ القرآن الكريم ظهور المثابرة في حفظ القرآن، والمثابرة في مواجهة الصعوبات، وتشجيع وظهور الحاجة إلى حفظ القرآن، وإظهار الاهتمام بالقرآن، فضلا عن الرغبة في النجاح في حفظ القرآن.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad and Amrullah, Abdul Malik Karim | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Peran, Orang Tua Karir, Motivasi, Menghafal al Qur’an; Role, Career Parent, Motivation, Memorizing the Qur’an; دور, الوالدين المهنيون, الحافز, حفظ القرأن | |||||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Aldin Ahyana | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2023 14:29 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2023 14:29 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43438 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |