Anshorulah, Romi (2008) Efektifitas metode mnemonik dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran sejarah di MTS Persiapan Negeri Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02410022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (735kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Daya ingat memiliki peran yang penting dalam proses pendidikan, sebab dari daya ingatlah prestasi siswa ditentukan. Daya ingat yang rendah akan mengganggu siswa dalam belajar, terutama pada mata pelajaran sejarah yang menuntut siswa untuk mengingat fakta-fakta historis juga dituntut untuk menumbuhkembangkan penghayatan akan perjuangan para pejuang dalam merebut kemerdekaan bangsa dari penjajah. Daya ingat sendiri bukanlah faktor tunggal, namun untuk memaksimalkan daya ingat ini penting dalam pelajaran sejarah, namun perhatian untuk meningkatkan kualitas daya ingat siswa relatif sedikit, padahal prinsip–prinsip mnemonik dapat juga digunakan untuk mengingat tanggal-tanggal beserta peristiwanya secara efektif.
Metode mnemonik sendiri memiliki beberapa bentuk teknik seperti teknik cerita, akronim, akrostik, visual imajery, loci, organisasi, kata kunci. Eksperimen ini menggunakan teknik kata kunci, organisasi dan kata kunci.
Model pendekatan penelitian ini adalah eksperimen dengan mengambil desain eksperimen sederhana (posttest control group design). Pada desain ini subjek dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbandingan hasil dari kedua kelompok tersebut menunjukkan efek perlakuan. Variabel bebas dari eksperimen ini adalah sistem mnemonik, sedangkan variabel terikatnya adalah daya ingat. Desain dari eksperimen ini menggunakan desain posttest only control group, dimana pengaruh perlakuan dilihat dari posttest.
Terdapat 16 aitem yang akan dijadikan soal posttest namun setelah dilakukan uji validitas, aitem yang valid berjumlah 12 aitem sedangkan aitem yang gugur berjumlah 4 soal. Nilai reliabilitas yang diperoleh adalah sebesar 0,733, hal ini menunjukkan bahwa tingkat reliabilitas yang cukup. Mean dari kelompok eksperimen adalah 8,35 dengan standar deviasi 3,360, sedangkan mean dari kelompok kontrol adalah 7,80 dengan standar deviasi 2,984.
Alpha dari hasil uji t yang diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 0,480 artinya nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol tidak menunjukkan perbedaan. Hasil analisa dengan menggunakan uji t di atas menunjukkan bahwa hipotesis efektivitas metode mnemonik dalam meningkatkan daya ingat pada mata pelajaran sejarah di MTs Persiapan Negeri Kota Batu belum terbukti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Mnemonik; Daya Ingat | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | puput nuzilatin fithroh | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:03 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4320 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |