Musfiroh, Nafidatul (2008) Nilai-nilai budaya perusahaan sebagai dasar terbentuknya sikap dan perilaku karyawan di Bank Syariah Mandiri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03410022.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (917kB) |
Abstract
INDONESIA :
Setiap individu pasti mempunyai kepribadian yang bermacam-macam yang akan membedakan antara orang yang satu dengan orang yang lainnya. Begitu juga Organisasi juga mempunyai semacam kepribadian yang seringkali disebut budaya perusahaan. Budaya perusahaan merupakan suatu ciri khas yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Lebih dari itu budaya perusahaan digunakan untuk membentuk karakter dan perilaku serta kebiasaan dalam rangka pencapaian visi, misi dan tujuan sebuah organisasi. Adanya perilaku yang khas inilah yang akan menjadi ciri khas suatu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya. Untuk membentuk sikap dan perilaku seseorang dalam suatu perusahaan maka diperlukan suatu pedoman atau prinsip yang dianut dan dipahami secara bersama-sama untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Sikap dan perilaku akan terbentuk dari adanya nilai-nilai atau prinsip yang mendasari para karyawan dalam suatu perusahaan untuk sebagai landasan mereka bertindak. Untuk itulah dalam suatu perusahaan penting untuk mengetahui nilai-nilai yang mendasari seseorang untuk bertindak dan berperilaku dalam suatu pekerjaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai apa saja yang mendasari budaya perusahaan yang ada di Bank syariah Mandiri dan (2) bagaimana nilai-nilai budaya perusahaan itu membentuk sikap dan perilaku karyawan di bank Syariah Mandiri.
Untuk menjawab fenomena yang terjadi di Bank Syariah Mandiri (BSM), peneliti menggunakan metode penelitian fenomenologi. Penelitian ini tidak sekedar menjawab apa yang tampak oleh kasat mata saja tetapi lebih dari itu penelitian ini menjawab esensi dan makna yang terdapat dibalik sesuatu yang tampak. Pendekatan Kualitatif dipilih sebagai pendekatan dalam menggambarkan fenomena yang terjadi melalui tulisan atau kata-kata yang berbentuk narasi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui metode interview, observasi dan dokumentasi. Interview dilakukan kepada satu orang sebagai sumber data utama kemudian sumber data utama menunjuk beberapa orang untuk menjadi sumber data berikutnya. Teknik ini lazim disebut teknik " Snowball".
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membentuk budaya perusahaan, para perintis BSM lebih menonjolkan nilai-nilai Islami untuk membentuk dan membiasakan karakter dan tingkah laku karyawannya. Hal ini dapat terlihat dari cara mereka berpakaian yang menggunakan busana muslim untuk karyawan perempuan. Selain itu, dalam melayani nasabah, mereka selalu mengawali dan mengakhiri transaksi dengan mengucapkan "Assalamualaikum". Nilai lain yang tampak adalah nilai sosial. Hal ini terlihat dari cara mereka menjalin hubungan dengan nasabah seperti dengan keluarga. Nilai social disini meliputi kerjasama, silaturahim, dan jiwa leadership. Selain itu nilai yang tampak lainya adalah nilai estetika yang meliputi keindahan dari sudut performansi karyawan maupun setting kantor yang indah dan nyaman. Nilai yang juga tampak adalah nilai ekonomik dan politik yang terlihat dari adamya nasabah yang merasa diungtungkan dengana danya system bagi hasil dan juga adanya nasabah yamh berasal dari lembaga keuangan yang sama-sama menganut system syariah yang bekerjasama dnegan BSM. Namun diantara nilai-nilai tersebut, nilai religi merupakan nilai yang dominan dan yang lebih tampak. Fenomena yang terjadi adalah para karyawan merasa bangga karena menjadi bagian dari BSM. Mereka berprinsip bahwa bekerja adalah ibadah dan ibadah adalah bekerja. Bekerja tidak hanya mengejar duniawi saja tetapi dengan berazaskan islam sebagai pedoman bekerja akan membawa kepuasan tersendiri dalam bekerja, sehingga mereka sangat menghindari adanya perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam seperti tindakan suap atau kecurangan-kecurangan yang lainnya.
ENGLISH :
Every individual people always has different term of personality that will categorize it among each other. It has the same with organization, every organization has a kind of personality that is culture of Company. Culture of Company is special characteristic in any company. Furthermore, culture of Company is used to build character and behavior, also to build habitual program to reach the visions, missions, and purposes of organization. This special behavior existence will form special characteristic of any company distinguishment between one company to other companies. To form individual behavior and personality in any company needs a guidance or principle that is embraced and be understood together to reach company vision. Any attitude and behavior will be formed the norm or principle that constituting every employees to do their work. So that, it is very important to know the basic norms that constituting to make decision and to do their work.
This research is purposed to know (1) what norms that constitutes culture of organization in Bank Syariah Mandiri and (2) how cultural norms of organization create the attitude and behavior of Bank Syariah Mandiri employees.
To answer phenomenon on Bank Syariah Mandiri (BSM), the researcher use phenomenology method. This research is not only answer the phenomenon physically but also to answer the essential meaning behind the physical reality. The researcher chooses qualitative approach to this research that describe the phenomenon happen in term of written text and spoken word in term of narration. The technique in order to collect the data in this research uses interview method, observation and documentation. Interview here is gathered from especial data sources and then especial data sources choose other several sources followed. This technique is named “Snowball”.
This research result shows us that in order to build culture of organization, some pioneers of BSM use signalizing religious norm to build and doing religiously as a character of their each employees. This character can be shown in daily Islamic uniform used by employees. Moreover, in order to give services to clients, they always start and finish their service by using “Assalamu’alaikum”. Furthermore, all employees is also friendliness and easy welcome, so that all clients feel comfort like make communication with their family. Those habitual activities are also effected their personalities out off daily office work. They becomes friendliness, disciplines, carefulness and doing everything systematically. Furthermore they are proud of becoming an employees of BSM, work is religious services and religious services is work. Work is not only to get materially but also to get satisfactory working is their motto. So that they always avoid interfere in Islamic norm like collusion, nepotism and corruption or other insincere norm.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yahya, Yahya | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-nilai Budaya Perusahaan; Sikap; Perilaku; Cultural Norm of Organization; Behavior; Attitude | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Errisa Aprillia Rengganis | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:45 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2016 18:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4310 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |