Anisaturrohmah, Yeni (2008) Modernisasi pondok pesantren dalam meningkatkan wawasan keilmuan santri putri I Al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110145.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang muncul sejak munculnya masyarakat Islam di Nusantara pada abad ke-13. Sesuai dengan perkembangan zaman, maka pengembangan sistem pedidikan Pesantren tanpa dengan maksud mengbaikan aspek penting lainnya merupakan hal yang perlu diperhatikan.
Sebagai respon terhadap perkembangan zaman, maka Pondok Pesantren Putri I Al-Amien Prenduan Sumenep Madura saat ini hadir sebagai Pesantren modern dengan sistem pendidikan yang tidak lagi terpaku pada sistem pendidikan Pesantren klasik. Akan tetapi semua sistem pendidikan mulai dari teknik pengajaran, materi dan sarana prasarana telah didesain berdasarkan sistem pendidikan modern. Dengan model tersebut, Pondok Pesantren Putri I Al-Amien Prenduan Sumenep Madura dapat menghasilkan out-put yang mampu bersaing dalam belajar dan berkarya di tengah-tengah masyarakat.
Penelitian ini dilaksanakan secara khusus tentang modernisasi Pondok Pesantren dalam meningkatkan wawasan keilmuan santri Putri I Al-Amien Prenduan Sumenep Madura dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana deskripsi modernisasi yang terjadi di Pondok Pesantren Putri I Al-Amien Prenduan dalam meningkatkan wawasan keilmuan santri. 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat modernisasi Pondok Pesantren dalam meningkatkan wawasan keilmuan santri Putri I Al-Amien.
Untuk memperoleh data yang sesuai dengan rumusan masalah tersbut, maka peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomina, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang baik secara individual maupun kelompok.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi Pondok Pesantren diterapkan melalui: perubahan sistem pendidikan Pesantren salaf kepada sistem pendidikan Pesantren khalaf. Dan sebagai bentuk dari perubahan tersebut adalah: 1) Perpaduan kurikulum, yaitu perpaduan antara kurikulum Depag dan kurikulum Pesantren. 2) Kegitan-kegitan Pondok Pesantren sebagai penunjang pengembangan pendidikan seperti penekanan pada bahasa Asing (bahasa Arab dan Inggris) yang diaplikasikan pada percakapan sehari-hari serta adanya kegiatan berupa keterampilan-keterampilan sebagai wadah minat dan bakat santri sebagai bekal mereka kembali pada masyarakat. Adapun yang menjadi faktor pendukung terlaksananya modernisasi Pesantren dalam meningkatkan wawasan keilmuan santri adalah faktor personal, karakteristik lokal, karakterostik perubahan, tuntutan kebutuhan masyarakat dan faktor eksternal. Sedangkan hambatan yang dialami adalah hambata ekonomi, hambatan sosial, dan hambatan sumber daya manusia (SDM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Modernisasi Pondok Pesantren; Wawasan Keilmuan Santri | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:48 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2016 18:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4256 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |