Rusdyana, Ria (2010) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTS N Batu Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05410039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul dari dalam dan dari luar diri individu untuk melakukan aktivitas belajar sesuai dengan keinginan yang dituju. Untuk dapat berprestasi dengan baik maka siswa harus memiliki motivasi yang terarah baik dari lingkungan sekolah, teman, maupun orang tua. Faktor yang mempengaruhi siswa dalam prestasi belajar di sebabkan beberapa hal yaitu kurangnya sarana dan prasarana sekolah mapun di rumah, kondisi fosiologis dan psikologis. Prestasi belajar itu sendiri merupakan suatu hasil belajar yang diberikan pada siswa setelah akhir semester yang berupa angka atau nilai rapot.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat motivasi pada siswa MTs N Batu, prestasi belajar siswa di MTs N Batu dan bagaimana pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa di MTs N Batu.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi pada siswa MTs N Batu, untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MTs N Batu dan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa di MTs N Batu.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi. Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 59 siswa di MTs N Batu dan pengambilan data menggunakan metode angket, wawancara. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan Product Moment Correlation dari Pearson dan untuk uji validitas dan realibilitas peneliti memakai rumus Alpha Cronbach dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows.
Berdasarkan analisa penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: pada variabel motivasi belajar, yakni 13.5% siswa dengan motivasi positif pada kategori tinggi, 73.6% siswa dengan motivasi dalam kategori sedang dan 10.2% siswa dengan motivasi negatif dalam kategori rendah. Sedangkan pada varibel prestasi belajar, yakni siswa dengan prestasi tinggi sebesar 98,30%, siswa dengan prestasi sedang sebesar 1,69%, dan siswa dengan prestasi rendah sebesar 0%. Pada hasil analisa uji hipotesis diperoleh hubungan signifikan yakni sebesar 1,350 atau hubungan yang berbengaruh hingga 1,350% (Sig F = 0.000; sig = 0.000 <
0.05. Dengan demikian semakin positif motivasi belajar siswa maka semakin besar pula prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Motivation is an impulse that arises from within and from outside the individual self to conduct learning activities in accordance with the intended desire. To be able to perform well, then students must have a motivation that directed both the school environment, friends, and parents. Factors affecting students in academic achievement due to several things, which lack infrastructure and facilities of school and at home, physiological and psychological conditions. Achievement of learning itself is a result of learning that is given to students after the end of the semester in the form of number or value of report cards. The purposes of this study were to see the motivation of students MTsN Batu, student achievement in MTsN Batu, and how the influence of motivation on student achievement in MTsN Batu.
This research was conducted to determine the motivation of the students MTsN Batu, to determine student achievement in MTsN Batu and to determine the effect on student achievement motivation in MTsN Batu. This study used quantitative research correlation. Samples taken as an object of research as many as 59 students in MTsN Batu and retrieval of data using questionnaires and interviews. While the analysis of data using the Pearson Product Moment correlation and to test the validity and reliability, researchers used a formula using the Cronbach Alpha SPSS 16.0 for Windows. Based on the analysis, the data obtained as follows: 13.5% variable learning motivation of students to have positive motivation on the high category, with 73.6% of the student motivation in the medium category, and 10.2% of students in the low category of negative motivation. While academic achievement variables, students with high achievement of 98.30%, student achievement is at 1.69%, and students with low achievement of 0%. In the analysis, hypothesis testing for 1350 obtained significant relationships or relationships that affected up to 1350% (Sig F = 0.000, sig = 0.0000 <0.05). Thus the more positive the students' motivation, the greater the student achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Siti, Mahmudah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; learning motivation; academic achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2022 10:27 | ||||||
Last Modified: | 14 Dec 2022 10:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42380 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |