Baiti, Hisbi Nur (2010) Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Muncar Banyuwangi 2009-2010. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan suatu pencerminan dari usaha belajar, semakin baik usaha belajar maka semakin baik pula prestasi yang dicapai. setiap siswa tentunya memiliki lingkungan dan latar belakang yang berbeda-beda, hal itu juga akan mempengaruhi kepribadian dan pembentukan rasa percaya dirinya serta berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan rasa percaya diri yang dimilikinya, siswa akan sangat mudah untuk berinteraksi di dalam lingkungan belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat rasa percaya diri siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Muncar Banyuwangi 2009-2010, 2) Tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Muncar Banyuwangi 2009-2010, 3) Pengaruh antara rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Muncar Banyuwangi.
Penelitian ini adalah penelitian populatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda yang berjumlah 45 siswa, metode pengambilan data yang digunakan adalah metode angket rasa percaya diri dan metode dokumentasi yang berupa nilai raport siswa. Untuk menganalisa data dengan cara menggunakan analisa prosentase dan analisa regresi linear. sedangkan cara penghitungannya dibantu dengan bantuan program SPSS 16,0 For windows.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa rasa percaya diri siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda terdapat: 34 siswa (75,56%) pada kategori sedang, 4 siswa (8.89%) pada kategori tinggi, dan 7 siswa (15.56%) dalam kategori rendah, adapun pada tingkat prestasi belajar siswa terdapat 66.67% (30 siswa), 8 siswa dalam kategori tinggi dengan prosentase 17,78%, sedangkan siswa yang memiliki tingkat prestasi belajar rendah terdapat pada 7 siswa dengan prosentase 15,56%. Berdasarkan hasil uji hipotesis Fhitung= 1,701 dengan taraf signifikansi 5%(0,05) dengan besarnya populasi 45 siswa. Maka dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa Ftabel sebesar 4,06. Jika dibandingkan maka Fhitung<Ftabel (1,701<4,06). Nilai signifikansi F dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05.Maka signifikansi F>dari taraf signifikansi 5% (0,194>0,05). Dari perbandingan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Muncar Banyuwangi 2009-2010.
ABSTRACT
Learning achievement is a reflection of the effort to learn, the better the business learn the better achievements. Each student should have a different environment and background that will also affect the personality and the formation of his/her self confidence and interact with their environment. With the confidence they had, students will be very easy to interact within the learning environment.
This study aims to determine into three parts, 1) the confidence level of eighth grade students in MTs Miftahul Huda - Muncar - Banyuwangi during 2009-2010, 2) Level VIII class student achievement in MTs Miftahul Huda – Muncar - Banyuwangi during 2009-2010, 3) The impact of self-confidence against eighth grade student achievement in MTs Miftahul Huda Muncar Banyuwangi.
This research is populative research that uses quantitative approach, with a total population of all eighth graders at Junior High School of Miftahul Huda according to 45 students; data collection method used is the questionnaire method of self- confidence and methods of documentation in the form of student report cards. To analyze the data by using a percentage analysis and linear regression analysis. while the manner of calculating assisted with the help of SPSS 16.0 For Windows.
From the research found that confidence in the eighth grade students at Junior High school of Miftahul Huda found: 34 students (75.56%) in the medium category, 4 students (8.89%) in the high category, and 7 students (15:56%) in the low category, As for the level of student achievement are 66.67% (30 students), 8 students in the high category with a percentage of 17.78%, while students who have low levels of learning achievement of students there at 7 with a percentage of 15.56%. Based on the results of hypothesis testing Fhitung= 1.701 with a significance level of 5% (0.05) with the large population of 45 students. So in this research can be seen that Ftabel 4.06. When compared to the Fhitung<Ftabel (1.70 <4.06). F significance value compared to the 0.05 level. The significance of F> of the 5% significance level (0.194> 0.05). From this comparison it can be concluded that the Ho is accepted, and Ha is rejected which means that there is no significant effect between self-confidence against the eighth grade student achievement in MTs Miftahul Huda Muncar Banyuwangi 2009-2010.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | rasa percaya diri; prestasi belajar; Self-confidence; Academic achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2022 10:52 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2022 10:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42300 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |