Hakim, Lukman (2010) Perbedaan sikap terhadap responsibility riding antara komunitas motor vespa, komunitas motor mio dan non komunitas di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keselamatan yang semestinya sangat diprioritaskan dalam berkendara di jalan raya dirasa kurang begitu diperhatikan oleh para pengguna jalan. Ketidak pedulian pada aturan ini berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Hal ini dibuktikan pada rekapitulasi unit laka lantas (kecelakaan lalu lintas) Polresta Malang yang pada tiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas terutama sepeda motor. Beberapa tindakan telah dilakukan oleh kepolisian dalam menangani hal tersebut, dengan selalu menghimbau dan mengajak kepada masyarakat agar tertib di jalan raya seperti yang dilakukannya dalam inovasi- inovasi melalui program yang salah satu dalam penelitian ini ialah responsibility riding yang bertujuan untuk meminimalisasi tingkat kecelakan.
Upaya polisi untuk mensosialisasikan programnya sering kali menemui kendala. Untuk itu perlu ada terobosan yang strategis, salah satunya adalah dengan melibatkan komunitas bermotor. Hal ini disebabkan komunitas bermotor sangat mudah untuk ditemukan serta dapat dihimbau secara intensif tentang peraturan berlalu lintas. Komunitas dalam penelitian ini adalah komunitas Vespa dan komunitas Mio, alasan pengambilan responden dari komunitas Vespa ialah pada komunitas ini terdapat modifikasi-modifikasi yang dilakukan secara ekstrim seperti memanjangkan bodi kendaraan, menambahkan kereta samping, setir kemudi menjulang keatas dan lain- lain (observasi 05 November 2008, Malang ). Alasan pengambilan komunitas Mio dikarenakan komunitas ini memenangkan lomba dalam acara Responsible For Aremania (Radar Malang, Kamis 19 Februari 2009). Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat sikap serta faktor pembentukan sikap terhadap responsibility riding.
Teori yang dijadikan rujukan dalam penelitian ini ialah teori sikap yang dikemukakan oleh Stephen Robbins yang menyatakan bahwa sikap adalah pernyataan evaluatif, baik yang menguntungkan ataupun tidak menguntungkan. Sikap mencerminkan bagaimana seseorang merasakan mengenai sesuatu” (Robbins, 1996; 169) dan teori Tindakan Beralasan (Theory of
Reasond Action) dinyatakan oleh Fishben dan Ajzen (1980, Ajzen, 1991, dalam Baron, 2003;
135).
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah mixed methode, yakni melakukan kuantitatif untuk menguji tingkat perbedaan sikap dan kualitatif untuk menentukan titik perbedaan sikap pada responsibility riding. Penelitian melibatkan 147 responden dengan rincian
45 responden dari komunitas Vespa, 41 responden dari Komunitas Mio dan 61 responden yang non komunitas.
Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat sikap terhadap responsibility riding antara komunitas motor Vespa, komunitas motor Mio dan non komunitas. Dengan rerata sikap terhadap responsibility riding komunitas Mio lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan dua komunitas yang lain. Di temukan bahwa perbedaan sikap komunitas Vespa dengan Mean = 54.44 sedangkan komunitas Mio Mean = 64.34 setelah diuji dengan t-Test maka ditemukan nilai “t” = -5.683 (P= 0. 000: P < 0.01 = Sangat Signifikan) dan ditemukan pula perbedaan yang sangat signifikan antara non komunitas dengan komunitas Mio yang menunjukkan bahwa anggota komunitas Mio (Mean = 64.34) mempunyai intensitas sikap terhadap Responsibility Riding lebih tinggi dari pada non komunitas (Mean = 57.28) dengan nilai “t” = 4.205 (P = 0.000: : P < 0.01 = Sangat Signifikan). Dari penelusuran dengan menggunakan analisa kualitatif ditemukan perbedaan sikap yang disebabkan oleh pengaruh norma kelompok yang merupakan faktor paling menentukan sikap anggota komunitas terhadap responsibility riding. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dari ketiga komunitas, merasa bahwa mematuhi responsibility riding akan menguntungkan mereka, sehingga sikap mereka pada responsibility riding cenderung positif.
ABSTRACT
Safety that must be the first priority in riding is taken for granted by the street user. This disobey action of this rule can be the cause of traffic accident. This kind of situation has been proved in the recapitulation of Laka Lantas Unit (traffic accident) Polresta Malang that every years get increasing number of traffic accident especially for motorcycle. Several action had been done by the police in solving that problem, with always giving worn and ask the citizen in order to be straight on the street, one of the problem that having this kind of purpose which will be analyze in this research about is Responsibility Riding, and the aim if this program is to minimize accident level.
Police effort to socialize the program sometimes having some obstacle. So that it is needed new strategy, and one of the strategy is involve motorcycle community this reason is caused of motorcycle community to be found and also can be encourage intensively about traffic rule. The population of this research is Vespa community and Mio community, this reason of choosing Vespa community is in this community there is modification motorcycle that always do extremely (observation of 5 November 2008, Malang). The reason why the researcher chooses Mio community because this community win competition responsible for aremania (Radar Malang, Thursday 19 February 2009). From this phenomena, this research purpose to know the differences attitude level and also the factor attitude of forming attitude toward responsibility Riding.
The theory that is used in this research attitude theory there is state by Stphen Robin, he said that attitude is evaluative statement, event advantage or disadvantage. “attitude express how people fell something” (Robbins, 1996: 169) and theory of reason action there is stated by Fishben and Ajzen (1980, Ajzen, 1991, In Baron, 2003:135).
Research Methodology there is used un this research is mixed method, that is using quantitative to mixer the difference attitude level and qualitative to mixer difference attitude of responsibility Riding. This research is used 147 respondent said with 45 from Vespa community,
41 respondent from Mio community and 61 respondent which non community.
The result from this research is there is the differences attitude level toward Responsibility Riding between Vespa Motor Community, Mio Motor Community, and Non Community. By the attitude toward responsibility riding, Mio community is significantly higher than two other communities. Discovered that the differences of Vespa community’s attitude with Mean = 54.44 meanwhile Mio community’s mean = 64.34 after tested by t-Test so discovered “t” value = -5.683 (P=0.000: P < 0.01 = very significant) and also discovered the differences that very significant between non-community and Mio Community indicated that the member of Mio community (mean = 64.34) have a attitude intensity about Responsibility Riding higher than non-community (mean = 57.28) with “t” value = 4.205 (P = 0.000: : P < 0.01 = very significant). From this research by using qualitative analyze is found differences attitude is caused by the influence of group norm that involve the most factor that decide attitude member of community toward Responsibility Riding. The result from this research is also indicated that from the third of community, feel that obey Responsibility Riding will advantage them, so that their attitude on Responsibility Riding inclined positive.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nuqul, Fathul Lubabin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sikap; Komunitas Vespa; Komunitas Mio; Responsibility Riding; Perilaku Lalu Lintas; Attitude; Vespa Community; Mio Community; Responsibility Riding; Behavior of Traffic keyword arabic | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2022 10:55 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2022 10:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42297 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |