Fajria, Hani Nur (2010) Pengaruh pengetahuan menstruasi terhadap kecemasan menghadapi menstruasi pada siswi kelas V dan VI Sdn Ardimulyo 3 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang dari studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada bulan Januari 2010, mendapati sebagian besar siswi belum mengetahui secara jelas dan benar mengenai menstruasi sehingga mereka secara tidak langsung atau secara tidak sadar mengalami kecemasan menstruasi. Pengetahuan adalah sesuatu yang hadir dan terwujud dalam pikiran seseorang dikarenakan adanya reaksi, persentuhan dan hubungannya dengan lingkungan dan alam sekitarnya. Pengetahuan ini meliputi emosi, tradisi, keterampilan, informasi dan pikiran. Menstruasi adalah darah kotor yang keluar dari rahim perempuan yang tidak terjadi pada kanak-kanak bukan karena sakit dan itu terjadi setiap bulan. Kecemasan dapat diartikan sebagai suatu ketakutan yang terjadi dalam diri secara berlebihan karena ketidakmampuan untuk mengatasi suatu permasalahan yang ada.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah
1. Bagaimana tingkat pengetahuan menstruasi siswi kelas V dan VI SDN Ardimulyo 3 Singosari?
2. Bagaimana tingkat kecemasan menghadapi menstruasi pada siswi kelas V dan
VI SDN Ardimulyo 3 Singosari?
3. Apakah ada pengaruh pengetahuan menstruasi terhadap kecemasan menghadapi menstruasi pada siswi kelas V dan VI SDN Ardimulyo 3
Singosari?
Dengan tujuan dalam penelitian ini adalah
1. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan menstruasi siswi kelas V dan VI SDN Arimulyo 3 Singosari.
2. Untuk mengetahui tingkat kecemasan menghadapi menstruasi pada siswi kelas
V dan VI SDN Ardimulyo 3 Singosari.
3. Untuk menguji pengaruhnya pengetahuan menstruasi terhadap kecemasan menghadapi menstruasi pada siswi kelas V dan VI SDN Ardimulyo 3
Singosari.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experimental Research (penelitian eksperimental semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI yang berjumlah 98 orang. Tetapi karena yang secara alamiah yang mengalami menstruasi adalah perempuan sehingga populasi yang diambil adalah siswi yang berjumlah 49 orang dan sampel yang diambil berjumlah 49 orang. Teknik analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan uji statistic yaitu regresi Untuk menguji Pengaruhnya Pengetahuan Menstruasi Terhadap Kecemasan Menghadapi Menstruasi.
Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Dari 49 respoden terdapat 16 siswi (32,65%) yang memiliki pengetahuan mestruasi rendah, 16 siswi (32,65%) yang memiliki pengetahuan menstruasi sedang dan 17 siswi (34,69%) yang memiliki pengetahuan mestruasi tinggi.
2. Kecemasan menstruasi dari 49 responden terdapat 15 siswi (30,61%) yang
memiliki kecemasan rendah, 24 siswi (48,98%) yang memiliki kecemasan sedang dan 10 siswi (20,41%) yang memiliki kecemasan tinggi.
3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan dengan kecemasan menstruasi, dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,000 yang berarti H0 ditolak dengan ttabel = 2,012 dan thitung = 5,348 dimana jika Pengetahuan rendah maka Kecemasan tinggi, jika Pengetahuan sedang maka Kecemasan sedang dan jika Pengetahuan tinggi maka Kecemasan rendah
ABSTRACT
The background of the preliminary study conducted by researchers in January 2010, found that most students do not yet know clearly and correctly about menstruation so they are indirectly or unconsciously experiencing anxiety menstruation. Knowledge is something that is present and manifest in one's mind because of the reaction, contiguity and its relations with the environment and natural surroundings. This knowledge includes the emotions, traditions, skills, information and thoughts. Menstruation is dirty blood that comes out of the womb of women who do not happen to a child and because of pain and it happens every month. Anxiety can be interpreted as a fear that occurs in excessively due to the inability to solve a problem.
Issues raised in this research is
1. What level of knowledge menstrual grader V and VI SDN Ardimulyo 3
Singosari?
2. How to deal with menstruation anxiety level in grade V and VI SDN Ardimulyo 3 Singosari?
3. Is there any influence on the anxieties facing knowledge menstrual periods at grade V and VI SDN Ardimulyo 3 Singosari?
With the aim of this research is
1. To determine the level of knowledge of menstruation grader V and VI SDN Ardimulyo 3 Singosari.
2. To determine the level of anxiety to face menstruation of grader V and VI SDN Ardimulyo 3 Singosari.
3. To test the effect of knowledge of the anxieties facing the menstrual period on
V and VI grade student SDN Ardimulyo 3 Singosari.
This research is quantitative research, this study included in the study of quantitative experiments with the type of research Quasy Experimental Research. The population in this study is all students in grade V and VI, which totaled 98 people. But because of naturally that menstruating women so that the population is taken is a student who totaled 49 people and taken samples totaling 49 people. Data analysis technique in this study conducted by statistical tests of regression, to examine the Influence of knowledge about menstruation and anxiety to face menstruation.
The results can be concluded as follows:
1. From the 49 respondents there were 16 female students (32.65%) having low menstruation knowledge, 16 students (32.65%) who had average knowledge of menstruation, and 17 female students (34.69%) having high menstruation knowledge.
2. Anxiety period of 49 respondents there are 15 female students (30.61%) having low anxiety, 24 students (48.98%) who had average anxiety and 10 were female students (20.41%) having high anxiety.
3. There is significant relations between knowledge and the anxiety of menstruation, with 5% significance level of 0.000 which mean H0 rejected by ttable = 2.012 and tcount = 5.348 where there is low knowledge, there is high anxiety, if there is average knowledge, there is average anxiety, and if there is high knowledge, there is low anxiety.
ABSTRACT ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengetahuan; Menstruasi dan Kecemasan; Knowledge; Menstruation; and Anxiety | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2022 13:15 | ||||||
Last Modified: | 09 Dec 2022 13:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42263 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |