Malik, Muzakil (2010) Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03410049 -.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Konsep diri adalah gambaran yang dimiliki orang tentang dirinya. Konsep diri merupakan gabungan dari keyakinan yang dimiliki orang tentang diri mereka sendiri, karakteristik fisik, psikologi, sosial, emosional, aspirasi dan prestasi. Sedangkan Prestasi belajar adalah suatu istilah yang menunjukkan derajat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar setelah mengikuti proses belajar dari program yang telah ditentukan. Pelajaran yang dimaksud adalah pelajaran agama yang meliputi Fiqih, Akidah Akhlak, SKI dan Qur’an Hadits. Terdapat realita pada siswa madrasah aliyah Muhammadiyah 1 Malang, kebanyakan mereka memiliki kemampuan prestasi belajar yang rata-rata menengah. Hal ini dilihat dari nilai raport yang mereka peroleh. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: bagaimanakah tingkat konsep diri siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang? Bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang? Bagaimanakah hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1
Malang?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang yang berhubungan dengan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan prestasi belajar. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah konsep diri sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang kelas X dan XI yang berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk konsep diri dan data nilai raport untuk prestasi belajar. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket
Dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, didapatkan hasil rxy = 0,702 yang berarti hipotesis dalam penelitan ini diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang. Artinya bahwa semakin tinggi tingkat konsep diri maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Soleh, A. Khudori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep diri; Prestasi belajar; Self concept; Learning achievement; مفهوم الذات; إنجاز التعلم | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2022 15:25 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42160 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |