Kresnawan, Jemi Dadang (2010) Hubungan Antara Locus of Control dengan Strategi Coping pada Santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06410093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (448kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pesantren merupakan lembaga yang mempunyai kegiatan-kegiatan yang cukup padat. Indikasinya akan menimbulkan tekanan-tekanan pada santri. Sebagai salah satu faktor strategi coping, locus of control membuat seseorang cenderung memilih apakah problem focused coping ataukah emotion focused coping ketika mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Sebagai salah satu pondok pesantren yang memiliki kegiatan yang padat, Pondok Pesantren Miftahul Huda yang kebanyakan santrinya pelajar dan mahasiswa, para santrinya merasa tertekan sehingga menimbulkan stres bagi santri. Menghadapi tekanan seperti ini para santrinya pun memiliki variasi kecenderungan strategi coping. Oleh karenanya dilakukan penelitian dengan tiga rumusan masalah, yaitu bagaimana bentuk locus of control santri Pondok Pesantren Miftahul Huda; bagaimana bentuk strategi coping santri Pondok Pesantren Miftahul Huda serta adakah hubungan antra locus of control dengan strategi coping. Sehubungan dengan rumusan masalah tersebut penelitian ini memiliki tiga tujuan pula, yaitu untuk mengetahui bentuk locus of control santri; bentuk strategi coping santri dan hubungan antara locus of control dengan strategi coping santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang.
Penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan locus of control sebagai variabel bebas dan strategi coping sebagai variabel terikat. Kemudian teknik korelasinya menggunakan teknik korelasional product moment dari Pearson untuk menguji hubungan antara locus of control dengan strategi coping. Sebelumnya untuk mengkategorisasikan locus of control dan strategi coping dengan melihat skor Z-nya. Subyek penelitian adalah santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang dengan sampel penelitian sejumlah 10% yang didapatkan dengan cara teknik random dari nama-nama santri. Jumlah populasi santri sebanyak 456 santri sehingga sampel didapatkan sejumlah 50 santri.
Hasil penelitian menunjukkan 54% santri memiliki orientasi locus of control internal, 46% santri memiliki orientasi locus of control eksternal, 62% santri termasuk dalam kategori problem focused coping dan 38% santri termasuk kategori emotion focused coping. Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara locus of control internal dengan problem focused coping, ada hubungan yang signifikan ke arah negatif antara locus of control eksternal dengan problem focused coping, ada hubungan yang signifikan ke arah negatif antara locus of control internal dengan emotion focused coping, tidak ada hubungan yang signifikan antara locus of control eksternal dengan emotion focused coping.
ABSTRACT
Boarding school is an institution that has activities that are quite solid. As one of the factors coping strategies, locus of control makes people tend to choose whether or problem focused coping or emotion focused coping when the problem being addressed. As a boarding school that has a full schedule of activities, Miftahul Huda Islamic Boarding School the students also has a variety of coping strategies tendencies. Therefore conducted the research with three formulation of the problem, namely how to form the locus of control Miftahul Huda Islamic boarding school students; how to form a coping strategy Miftahul Huda Islamic boarding school students and is there a relationship between locus of control with coping strategies. In connection with the formulation of the problem this study has three goals, namely to know the form of locus of control students; form students coping strategies and the relationship between locus of control with students coping strategies in Islamic boarding school “Miftahul Huda” Malang.
This study is a quantitative correlation with locus of control as independent variables and coping strategies as dependent variables. Then the correlation technique using the technique of Pearson product moment correlation to examine the relationship between locus of control with coping strategies. Previously to categorize the locus of control and coping strategies with a view of his Z score. Subjects were students Miftahul Huda Islamic boarding school in Malang with a 10% sample is obtained by random techniques from the names of the students. Total population of students that as many as 456 students, 50 students obtained any samples.
Results showed 54% students have the orientation of the internal locus of control and 46% students have an external orientation of locus of control. On the other hand 62% of students included in the category of problem focused coping and 38% students, including categories of emotion focused coping. Results of analysis showed no significant relationship between locus of control with coping strategies.
ABSTRACT ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Locus of Control; Strategi Coping Locus of Control; Coping Strategies | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2022 10:06 | ||||||
Last Modified: | 02 Dec 2022 10:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42048 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |