Wilujeng, Ardini Puji (2010) Efektivitas pelatihan berfikir positif terhadap kepatuhan pada aturan santri Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410084.PDF - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pondok pesantren Tebureng semakin berkembang pesat. Santri yang berdatangan menimba ilmu semakin banyak dan beragam, masing-masing membawa misi dan latar belakang beragam pula. Untuk menangani santri sebayak 1300 orang bukanlah hal yang mudah. Perlu tenaga yang besar untuk menciptakan ketertiban demi keamanan dan kenyamanan bersama, karenanya perlu adanya peraturan. Peraturan berisikan tentang hal yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan di pesantren. Ketika suatu kepatuhan dituntut untuk terjadi, maka santri perlu menanamkan efek positif dari peraturan kepada diri mereka. Pemahaman tentang kebaikan peraturan akan mereka dapatkan ketika mereka mampu berfikir positif tentang peraturan. Dari sinilah perlunya di adakan pelatihan berfikir positif yang dicetuskan oleh Dr Ibrahim Elfiky (1999). Dalam pelatihan ini dimensi perasaan, perilaku dan kesadaran mendapat sentuhan yang mendalam tidak hanya dalam teori tapi juga prakteknya. Menurut beliau proses berfikir tidak hanya terhenti pada kognisi saja tapi nantinya akan tercermin dalam perasaan dan perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari.
Keterkaitan antara berfikir positif terhadap kepatuhan yang ada dijelaskan oleh reasoned action theory bahwasannya intensitas santri untuk patuh dipengaruhi oleh sikap, norma dan kontrol dari lingkungan. Apabila seorang santri mempunyai sikap positif kemudian berfikir positif sesuai norma yang ada, kontrol dari lingkungan juga mendukung untuk terjadinya kepatuhan maka santri tersebut akan memunculkan niatan untuk patuh yang akhirnya melahirkan suatu kepatuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan berfikir positif mempengaruhi sikap dan perilaku santri (sebagai peserta pelatihan). Penelitian ini menggunakan metode random assigment one group pre-test post-test design. Metode ini adalah metode eksperimen yang pada akhir pelatihan diberikan penugasan secara berkala. Design ini juga menggunakan pengukuran sebelum dan sesudah pelaksanaan pelatihan diberikan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, suatu pengambilan sampel berdasarkan ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri sampel pada penelitian ini adalah menempuh pendidikan jenjang SMA/MA, mempunyai tingkat pelanggaran sedang dengan rekomendasi dari pembina dan menghuni pondok pesantren Tebuireng minimal selama 1 tahun. Dari penentuan sampel tadi didapatkan 20 orang peserta pelatihan yang telah memenuhi ciri-ciri yang diajukan baik putra maupun putri.
Berdasarkan data pengukuran kemudian dilakukan analysis independent sample T-Test pada program SPSS 15.0 for windows, diperoleh nilai-t hitung lebih besar dari nilai-t tabel, yaitu 2,688 > 1,734 dan taraf signifikan 0,009 < 0,05. Maka dari hasil analisa terlihat bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam
meningkatkan sikap kepatuhan siswa. Dengan kata lain, hipotesis alternatif bahwa pelatihan berfikir positif dalam meningkatkan sikap kepatuhan santri adalah diterima. Berdasarkan data observasi dilakukan analisa ANOVA ada program SPSS 15.0 for windows, taraf signifikan 0,291 > 0,05. Maka dari hasil analisa terlihat bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan perilaku kepatuhan siswa. Dengan kata lain, hipotesis alternatif bahwa pelatihan berfikir positif dalam meningkatkan perilaku kepatuhan santri adalah ditolak. Ini berarti pelatihan berfikir positif tidak efektif dalam meningkatkan kepatuhan pada santri pondok pesantren Tebuireng Jombang.
ABSTRACT
Tebuireng boarding school was growing rapidly. Tebuireng’s students were arriving more and more. Student of Tebuireng boarding school have difference backgrounds. To retain 1300 students is not easy. It’s needed a great effort to create order for safety and comfort together, thus need for a regulation. Regulations contained about should do and should not be made at the daily activities. If will make obedience, student must understand what the positive effect for them. Good understanding of the rules they will get when they are able to think positively about the regulations. From here the need to invent positive thinking training, which is proposed by Dr Ibrahim Elfiky, in this training dimension of feelings, behavior and consciousness get a touch of depth not only in theory but also practice. According to his process of thinking is not only halted on cognition but will be reflected in the feelings and our behavior in daily life.
The Relation between positive thinking towards existing compliance is explained by reasoned action theory that the intensity of students to obey influenced by attitudes, norms and control of the environment. If students have a positive attitude and positive thinking according to existing norms, the control of the environment is also conducive to compliance with the occurrence of these students will bring up the intention to obey that eventually gave make compliance.
This study aimed to know whether positive thinking training can influence the attitudes and behavior of students (as participants). This study uses pre-test post-test design. Sampling was purposive sampling method, a sampling based on certain characteristics. The characteristics of the sample in this study were student in senior high school, has a medium level of violations who was recommendation from the teacher and live at Tebuireng boarding school for at least one year. From the determination of the sample was obtained 20 training participants from boys and girls.
This Result of this study is training positive thinking effect to develop attitude of obedience. This is from data that “t” value greater than “t” table, each 2.688> 1.734 and 0.009 significant level <0.05. In the other measurement (observation) significant level of 0.291> 0.05, so training positive thinking can development behavior of obedience.
ABSTRACT ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nuqul, Fathul Lubabin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pelatihan Berfikir Positif; Santri; Kepatuhan; Positive Thinking Training; Students; Compliance | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2022 10:06 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 09:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42034 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |