Rahma, Ulifa (2010) Strategi Konselor dalam mengembangkan karier siswa: Studi kasus di SMKN 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06410089.PDF - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Proses perkembangan karier siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengalami perubahan dalam pemilihan karier karena beralih dari fase tentatif menuju fase realistik serta dengan adanya masalah-masalah yang berasal dari dalam diri, luar diri, dan keduanya. Agar siswa dapat melakukan pertimbangan dan penilaian secara tepat, maka diperlukan layanan bimbingan karier di sekolah, solusi untuk mengatasi masalah-masalah karier dan strategi dalam rangka mematangkan kemampuan memilih, merencanakan karier dan mengembangkan karier siswa. Sehingga dengan adanya layanan bimbingan karier, maka akan memberikan solusi permasalahan-permasalahan yang menghambat perkembangan karier siswa, dan dengan strategi konselor dalam mengembangkan karier siswa, diharapkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) siap kerja dan memiliki sikap kemandirian yang dapat diandalkan, mampu untuk menghadapi persaingan era globalisasi dan tantangan masa depan karier.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan karier di SMKN 2 Malang. 2) Mendeskripsikan masalah-masalah pengembangan karier di SMKN 2 Malang. 3) Menganalisis faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan bimbingan karier di SMKN 2 Malang. 4) Menganalisis faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan bimbingan karier di SMKN 2 Malang. 5) Mendeskripsikan solusi konselor dalam mengatasi hambatan pelaksanaan bimbingan karier di SMKN 2 Malang. 6) Menemukan bentuk strategi konselor dalam mengembangkan karier siswa di SMKN 2 Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah konselor-konselor SMKN 2 Malang, siswi-siswi SMKN 2 Malang, dan kepala sekolah SMKN 2 Malang yang berjumlah 11 orang. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini kemudian dianalisa melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam pelaksanaan bimbingan karier di SMKN 2 malang dilaksanakan melalui tahap perencanaan program bimbingan karier, penyusunan program bimbingan karier, pelaksanaan program bimbingan karier, dan evaluasi pelaksanaan bimbingan karier. 2) Masalah-
masalah pengembangan karier di SMKN 2 Malang adalah bersumber dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa. 3) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan bimbingan karier di SMKN 2 Malang, adalah bersumber dari dalam diri siswa sendiri, dari dalam sekolah, maupun dari luar sekolah. 4) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan bimbingan karier di SMKN 2 Malang adalah bersumber dari perencanaan dan penyusunan program bimbingan karier, dalam diri konselor, luar diri konselor, lingkungan kerja, dan pekerjaan. 5) Solusi konselor dalam mengatasi hambatan pelaksanaan bimbingan karier di SMKN 2 Malang adalah konselor SMKN 2 Malang swadana dengan membuat modul yang diterbitkan dan dipakai oleh SMK se-Kota Malang, konselor memiliki inisiatif dan proaktif, mengusahakan fasilitas/ sarana dan prasarana, memberikan materi menarik dan memotivasi siswa, memberikan tips-tips kepada siswa berkaitan dengan bimbingan karier dan memberikan tes-tes psikologis. 6) Strategi konselor dalam mengembangkan karier siswa di SMKN 2 Malang diantaranya terdiri dari dua macam teknik pendekatan, yaitu teknik pendekatan kelompok dan individual. Teknik pendekatan kelompok yang digunakan di SMKN 2 Malang adalah menggunakan 21 teknik pendekatan kelompok dan 8 teknik pendekatan individual.
ABSTRACT
Career development process of SMK (vocational high school) students experiences changes in career selection because it is settled from tentative phase into realistic one and also with presence of problems which are originated from their inside, outside, and both. For students, to be able to conduct judgment and assessment correctly then needed career counseling services at school; solutions to make out the career problems and strategies in order to maturate students’ career selection, planning and development capability. So that with the presence of career counseling services then it will give problems solution which hamper students’ career development, and with counselors’ strategies in developing students’ career, it is expected the graduates of Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) are ready to work and possess independence attitude that can be relied on to be able to face globalization era competitions and career future challenges.
This research intent on: 1) Describing the implementation of career counseling at SMKN 2 Malang. 2) Describing the problems of career development at SMKN 2 Malang. 3) Analyzing the factors which support the implementation of career counseling at SMKN 2 Malang. 4) Analyzing the factors which hamper the implementation of career counseling at SMKN 2 Malang. 5) Describing counselors’ solution in making out the implementation obstructions of career counseling at SMKN 2 Malang. 6) Finding the counselors’ strategy forms in developing students’ career at SMKN 2 Malang.
Approach that used in this research is qualitative research by using case study. The subjects are counselors, students, and headmaster of SMKN 2 Malang, that amount to 11 people. Whereas data collection methods that used are observation, interview, documentation and triangulation. Data that obtained from this research then analyzed pass through three steps that are: data reduction, data presentation, and verification.
This research results show that: 1) In the implementation of career counseling at SMKN 2 Malang it is executed through the step of planning of career counseling program, arrangement of career counseling program, implementation of career counseling program, and implementation evaluation of career counseling. 2) The problems of career development at SMKN 2 Malang are based from inside and outside of students. 3) The factors which support the implementation of career counseling at SMKN 2 Malang are either based from inside of students themselves, from inside the school, and from outside the school. 4) The factors which hamper the implementation of career counseling at SMKN 2 Malang are based from the planning and the arrangement of career counseling program, from inside of counselors, from outside of counselors, working environment, and the job. 5) The counselors’ solutions in making out the hamper of career counseling implementation at SMKN 2 Malang are they do in self- funding by making modules that published and used by SMK of all Malang, they have initiative and proactive, managing facilities and infrastructures, giving interesting and motivating material for students, giving tips to students that related to career counseling and giving psychological tests. 6) Counselors’ strategies in developing career of students at SMKN 2 Malang between consist of two kinds of approach technique that are group and individual approach techniques. The group approach technique that used at SMKN 2 Malang by using 21 group approach techniques and 8 individual approach techniques.
ABSTRACT ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Konselor; Mengembangkan Karier; SMKN 2 Malang; Counselor’s Strategies; Develop Career; SMKN 2 Malang | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2022 10:10 | ||||||
Last Modified: | 02 Dec 2022 10:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/42030 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |