Luthfiana, Evi (2011) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (fulltext)
07110025.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
KTSP merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, dan efisiensi pendidikan agar dapat memodifikasikan keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerjasama yang erat antara sekolah, masyarakat, industri dan pemerintah dalam membentuk pribadi peserta didik. Hal tersebut dilakukan agar sekolah dapat leluasa mengelola sumber daya dengan mengalokasikannya sesuai perioritas kebutuhan serta tanggap terhadap kebutuhan masyarakat setempat. Dalam konsep ini sekolah dituntut memiliki tanggung jawab yang tinggi, baik kepada orang tua, masyarakat, maupun pemerintah.
Dengan dikembangkannya kurikulum KTSP ini, secara langsung berimbas pada kurikulum Pendidikan Agama Islam. Ajaran Islam merupakan pondasi dari seluruh aktifitas kehidupan muslim dan arena itu sangat tepat manakala setiap kegiatan di madrasah/sekolah memakai rujukan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, baik pada tingkat operasional maupun konseptual. Dengan KTSP diharapkan PAI dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kehidupan yang islami kepada siswa di sekolah.
Keberhasilan Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini tidak lepas dari upaya yang dilakukan guru mata pelajaran tersebut, bagaimana menyusun serta melaksanakan program pembelajaran yang efektif dan menarik guna meningkatkan kompetensi peserta didik. Berangkat dari latar belakang itulah penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kepanjen.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Kepanjen, dengan tiga fokus penelitian, yaitu (1) upaya perencanaan pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan konsep KTSP di SMA Negeri 1 Kepanjen (2) upaya pelaksanakan pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan konsep KTSP di SMA Negeri 1 Kepanjen (3) upaya kegiatan penilaian bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan konsep KTSP di SMA Negeri 1 Kepanjen.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang di himpun penelitian adalah melalui pengamatan yang seksama, wawancara, dan dokumentasi, agar hasil penelitian tersusun sistematis maka langkah-langkah peneliti dalam menganalisis data adalah pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam dan memfokuskan kepada hal-hal yang penting, kedua menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel, dan sejenisnya. Ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal.
Hasil dilapangan menunjukkan bahwa (1) guru-guru PAI melaksanakan persiapan pembelajaran dengan menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran dan telah membuat perencanaan pembelajaran dalam bentuk silabus dan RPP, (2) guru-guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran melalui langkah- langkah pembelajaran yakni pembukaan, kegiatan inti (pembentukan kompetensi), dan penutup. Dalam kegiatan proses pembelajaran ini guru-guru PAI menggunakan beberapa metode untuk membuat siswa lebih aktif. (3) guru PAI melakukan penilaian dari berbagai aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat diberikan saran sebagai berikut: (1) pelaksanaan KTSP dibutuhkan kerjasama yang baik dari berbagai pihak sekolah yang terkait demi kemajuan pendidikan (2) Guru PAI diharapkan untuk lebih giat mempelajari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kwalitas diri dengan terus belajar sebelum memberikan materi di kelas, secara aktif mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru secara pribadi dan untuk mencapai kemandirian guru dan menjadi guru yang professional.
ABSTRACT
policies in order to improve quality, and efficiency of education for local preferences to modify and establish close cooperation between schools, communities, industry and government in shaping individual learners. This was done so that schools can freely manage to allocate resources according to priorities and needs responsive to the needs of local communities. In this concept of school are required to have a high responsibility, both to parents, communities, and government.
With the development of this KTSP curriculum, directly impact on the curriculum of Islamic Education. Islamic teaching is the foundation of all life activities of Muslims and the arena was very precise when every activity in the madrasa / school wear referral Quran and Sunnah of Prophet Muhammad, both at the operational and conceptual. With KTSP, PAI expected to contribute to the development of an Islamic life to students at the school.
The success of the learning process of Islamic education is not separated from the efforts made teachers are, how to plan and implement effective learning programs and attractive in order to improve the competence of learners. Departing from the background that the author wants to discuss the thesis with the title of the Implementation of the Education Unit Level Curriculum (KTSP) Field Studies of Islamic Religious Education in SMA Negeri 1 Kepanjen.
This study aims to describe the implementation of the Education Unit Level Curriculum (KTSP) Field studies of Islamic Religious Education (PAI) in SMA Negeri 1 Kepanjen, with three focus on the research, namely (1) efforts to plan learning fields of study of Islamic Religious Education (PAI) based on the concept SBC in SMA Negeri 1 Kepanjen (2) efforts to implementing the learning field of study of Islamic Religious Education (PAI) based on the concept of SBC in SMA Negeri 1 Kepanjen (3) efforts to study the field appraisal activities of Islamic Education (PAI) based on the concept of SBC in SMA Negeri 1 Kepanjen .
This research was conducted using qualitative research methods to the type of descriptive research to describe or illustrate the phenomena that they are at the sites. Gather data in research is through the careful observation, interviews, and documentation, for the results of studies made it systematic steps researchers in analyzing the data is first, by selecting the main things in and focus on things that are important, both presents data that takes the form of brief descriptions, tables, and the like. Third draw conclusions in order to answer the problem formulation that is formulated from the outset.
Field Results showed that (1) the teachers carry out preparatory PAI learning by preparing and developing learning tools and have created a learning plan in the form of syllabus and lesson plans, (2) PAI teachers in the implementation of learning through the learning steps that is opening, the activity core (formation of competence), and cover. In this learning activity teachers PAI uses several methods to make students more active. (3) PAI teacher assessment of various aspects, namely cognitive, affective and psychomotor.
From the results of these studies, can be given suggestions as follows: (1) implementation of the SBC needs good cooperation from various parties related school for the advancement of education (2) Teachers are expected to be more active PAI study the development of science and technology, improve the quality of self by continuing to study before giving the material in class, actively seeking information related to improving teacher performance in private and to achieve self-reliance teachers and become a professional teacher
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | KTSP dan Pendidikan Agama Islam; curriculum and Islamic Religious Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 09:47 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2023 09:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41966 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |