Astutik, Winda Puji (2011) Penerapan Metode Qira`aty dalam meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur`an siswa kelas VII di MTs Negeri Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran Al-Qur`an metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan. Metode pendidikan yang tidak efektif akan menjadi penghambat kelancaran proses belajar mengajar, sehingga banyak tenaga dan waktu yang akan terbuang sia-sia. Agar dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur`an dapat berjalan dengan lancar, banyak sekali solusi yang digunakan, yaitu dengan menggunakan metode-metode cara cepat membaca Al- Qur`an seperti: metode Iqro`, metode Tilawati, metode Baghdadi, metode Nahdliyah, metode Barqy, metode Qira`aty dan lain-lain. Sehubungan dengan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu, dimana pada madrasah tersebut dalam pembelajaran membaca Al-Qur`an menggunakan Metode Qira`aty.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu: Bagaimana Penerapan Metode Qira`aty Dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Al-Qur`an dan Bagaimana Upaya Yang Dilakukan Pendidik Dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Al-Qur`an serta Faktor Apa Yang Mendukung dan Menghambat Peserta Didik (Siswa) Dalam Belajar Membaca Al-Qur`an di MTs Negeri Batu. Mengacu pada konteks penelitian di atas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Pengajaran Qira`aty Dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Al-Qur`an dan Mengetahui Upaya yang dilakukan pendidik (ustadz dan ustadzah) dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Al-Qur`an serta Mengetahui Faktor Yang Mendukung dan Menghambat Peserta Didik (Siswa) Dalam Belajar Membaca Al-Qur`an di MTs Negeri Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitiannya kualitatif, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan: Pertama, reduksi data yaitu penggolongan dan pemusatan data-data yang sudah diperoleh dilapangan untuk mempermudah peneliti dan data yang diperoleh juga valid. Kedua penyajian data yaitu mengumpulkan data secara tersusun dengan memberi kemungkinan adanya kesimpulan data. Ketiga verifikasi yaitu penarikan kesimpulan yang memberikan analisis pada puncak.
Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan di atas, peneliti memperoleh hasil bahwa: Pertama dalam penerapan metode Qira`aty yang dilakukan pendidik sebelum pelaksanaan metode Qira`aty ini diterapkan, yang dilakukan oleh para ustadz dan ustadzah yaitu harus mendapatkan syahadah terlebih dahulu dan dengan nderes (membaca terus menerus), serta menyediakan media yang akan digunakan, dalam penerapan metode Qira`aty ini pada setiap jilidnya terdapat materi pelajaran dan cara mengajarnya, selain itu juga terdapat pokok pelajaran disetiap jilidnya, menggunakan strategi klasikal dan individual. Kedua upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemahiran membaca Al- Qur`an misalnya magang di lembaga-lembaga, kemudian dalam bacaan Qira`aty akan dinilai setiap hari dan dicatat hasil yang telah dicapai siswa, selain itu diadakannya imtihan setiap semester dan diadakannya IMTAS (Imtihan Santri) bagi yang sudah lulus ghorib. Ketiga faktor pendukung dan penghambat peserta didik (siswa) dalam belajar membaca Al-Qur`an adalah: faktor pendukung setiap ustadz dan ustadzah yang mengajar sudah ditashih terlebih dahulu, siswa masuk tepat waktu, siswa aktif dan rajin, menggunakan sarana dan prasarana yakni tersedianya media pembelajaran dan alat peraga. Sedangkan faktor penghambatnya sarana dan prasarananya kurang memadai, siswa yang masih terlambat, tidak membawa buku Qira`aty, kemudian para ustadz dan ustadzah masih kesulitan untuk mengondisikan kelas.
ABSTRACT
In the process of learning Al-Qur`an the method has a very important position in efforts to achieve goals. Ineffective educational methods will be obstacles to the smooth process of teaching and learning, so much energy and time to be wasted. To be in the learning activities of Al-Qur `an can run smoothly, a lot of solutions used, namely by using the methods of how to quickly read Al-Qur` an, such as: `Iqro method, Tilawati method, the method of Baghdadi, Nahdliyah method, method Barqy, Qira`aty method and others. Relative to the investigator interested in conducting research in State Madrasah Tsanawiyah of Batu, where the school was in learning to read Al-Qur `an uses Qira` ati Method.
Based on the above background, the issues raised by researchers is: How Implementation Qira` aty Method In Improving Reading Proficiency Al-Qur`an and How Efforts What Do Educators In Improving Reading Proficiency Al-Qur`an and Factor What Supports and Inhibiting Educate Participants (Students) In the Reading Al-Qur `an in MTs Batu. Referring to the above research context, the objective being pursued by researchers is to find out Application Qira` ati Methods of Teaching In Improving Reading Proficiency Al-Qur`an and Knowing The efforts of educators (teachers) in Improving Reading Proficiency Qur'an Knowing of and Supporting and Inhibiting Factors Educate Participants (Students) In the Reading Al-Qur `an in MTs Batu.
This study used a descriptive approach and the types of qualitative research, with the aim to provide a snapshot of a particular symptom. The collecting data through observation, interviews, and documentation. The process of data analysis carried out by: First, reduction of data classification and data convergence has been obtained in the field to facilitate the researchers and the data obtained are also valid. The second is the presentation of data that is collected in a structured data by providing the possibility of data conclusions. The three is verification of the withdrawal of conclusions that provide analysis on the peak.
With the study design as described above, investigators obtained results that: First in the application of methods that do Qira `aty educators before implementation of the method is applied Qira` aty, conducted by the religious teachers that should get first Shahadah and with nderes ( continuous reading), as well as provide media that will be used, in application of this Qira`aty method in every chapter contained in each
subject matter and way of teaching, in addition, there are also lessons in every subject chapter, using classical and individual strategies. Second efforts made in improving the reading skills of Al-Qur `an as an apprentice at the institutions, then in the reading Qira` aty will be assessed every day and recorded achievements of students, besides holding imtihan each semester and the holding of IMTAS (Imtihan Santri ) for those who already graduated ghorib. These three factors supporting and inhibiting learners (students) in learning to read Al-Qur`an is: a supporting factor every religious teachers and teaching have ditashih teacher that first, students get timely, active and diligent student, using the facilities and infrastructure that is the availability of media learning and teaching aids. While inhibiting factor inadequate facilities and infrastructure, students who are still late, do not bring books Qira `aty, then the religious teachers still difficult to condition class.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Qira`aty dan Kemahiran Membaca Al-Qur`an; Method Qira`ati and Proficiency Reading Al-Qur`an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2022 14:42 | ||||||
Last Modified: | 30 Nov 2022 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41950 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |