Afrianti, Marisa Ferlia (2011) Implementasi metode Problem Solving dan simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (fulltext)
07110022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (857kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sebagaimana diketahui pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) selama ini secara umum tidak kunjung berubah, ia bagaikan secara konvensional- tradisional dan monoton sehingga membosankan peserta didik. Hal ini terbukti sewaktu pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) berlangsung banyak peserta didik yang ramai dan kurang menunjukkan antusias kepada pelajaran yang diterimanya. Pelajaran Pendidikan Agama Islam seringkali dilaksanakan disekolah bersifat menyendiri, kurang terintegrasi dengan bidang studi yang lain, sehingga mata pelajaran yang diajarkan bersifat marijinal dan periferal. Pemilihan metode pembelajaran pendidikan agama harus didasarkan pada analisis kondisi pembelajaran pendidikan agama yang ada. Hasil analisis akan menunjukkan kondisi pembelajaran yang bagaimana dan apa hasil pembelajaran pendidikan agama yang diharapkan. Setelah menetapkan dan mengembangkan metode pempembelajaran akan diperoleh informasi yang lengkap mengenai kondisi rill yang ada dan hasil pembelajaran pendidikan agama yang diharapkan.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimanakah perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Problem solving dan simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata pelajaran fiqih kelas X F MAN 2 Probolinggo? Bagaimanakah Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Problem solving dan Simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran fiqih kelas X F MAN 2
Probolinggo? Bagaimanakah Penilaian pembelajaran dengan menggunakan metode Problem solving dan Simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata pelajaran fiqih kelas X F MAN 2 Probolinggo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian pembelajaran dengan menggunakan metode Problem solving dan simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X F MAN 2 Probolinggo.
Dengan desain penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) jenis kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan(planing), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting) dan seterunya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan). Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) observasi; (2) dokumentasi. Tehnik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung prosentase.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa Perencanaan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Problem Solving dan Simulasi dalam Meningkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Fiqih yaitu Mulai dari pembentukan kelompok problem solving dan simulasi, menyusun lembar penilaian
terhadap siswa pada saat pelaksanaan problem solving dan simulasi, menyusun soal post test yang akan diberikan pada akhir setiap siklus, serta menyiapkan media dan sumber belajar yang diperlukan. Pelaksanaan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Problem Solving dan Simulasi dalam Meningkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Fiqih yaitu menempatkan guru sebagai pembimbing dan siswa diberikan kesempatan untuk bekerja sama dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan problem solving dan simulasi yang telah diberikan guru (peneliti) pada saat pembelajaran fiqih berlangsung, serta siswa mengerjakan soal post test pada setiap akhir siklus. Penilaian Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Problem Solving dan Simulasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa menunjukkan hasil yang baik, peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil penilaian pada saat problem solving dan simulasi di setiap siklus dan juga dari hasil post test pada setiap siklus, dan juga dari hasil observasi di kelas dari setiap siklus menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan karena sudah tidak terlihat lagi siswa yang mengantuk, berbicara sendiri, mengerjakan tugas pelajaran lain. Hasil prosentase pada saat problem solving dan simulasi dengan memberikan reward dan pujian di setiap siklus meningkat, serta hasil rata-rata pada Post test juga meningkat pada setiap siklus. prosentase kelas pada saat problem solving siklus I 51% siklus II meningkat menjadi 71% siklus III meningkat sebesar 79%. Pada saat simulasi siklus I 59%, siklus II meningkat 76 %, siklus III juga meningkat menjadi 82%. Dan pada saat Pre test rata-rata kelas 57, dan pada saat Post test siklus I rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 65, siklus II meningkat menjadi
78, siklus III juga meningkat menjadi 81.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problem solving; Simulasi; Motivasi Belajar; Mata pelajaran Fiqih | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2022 10:07 | ||||||
Last Modified: | 30 Nov 2022 10:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41930 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |