Mujahid, Ahmad (2011) Implikasi penerapan metode Active Learning dalam praktik ibadah Shalat Wajib di Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110236.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan sekolah akhir-akhir ini memang sangat menghawatirkan, banyak sekali pendidikan itu salah diartikan. Oleh karena itu pendidkan harus benar-benar diperhatikan oleh semua pihak. Terutama oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar bisa tercapai apa yang diinginkan oleh kita semua.
Karena lembaga pendidikan bertugas untuk mencetak manusia yang benar-benar ahli dalam ilmu agama, ilmu pengetahuan kemasyarakatan serta berakhlak mulia. Untuk mencapai itu, maka lembaga pendidikan selain mengajarkan ilmu-ilmu tentang umum juga mengajarkan ilmu yang mengkaji tentang agama. Untuk mempelajari pelajaran-pelajaran yang ada, maka perlu digunakan sistem/metode tertentu.
Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam rangka keberhasilan program pengajaran di sekolah. Karena tanpa adanya metode/sistem pembelajaran yang baik, maka kegiatan pembelajaran di sekolah pun tidak akan berhasil. Untuk itulah sistem pembelajaran di sekolah harus dipilih cara yang terbaik dan cocok untuk siswa. Hal ini disebabkan banyak siswa yang prestasinya buruk disebabkan karena metode yang digunakan kurang begitu baik.
Dari fenomena tersebut mendorong penulis untuk mengetahui bagaimana Implikasi Penerapan Metode Active Learning dan manfaatnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui Praktik Ibadah Shalat Wajib di Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Kabupaten Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Yakni menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Metode Active Learning diperoleh hasil yang menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap proses belajar mengajar di sekolah Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Kabupaten Malang
Hal ini dapat kita lihat dari keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas, hal ini juga ditegaskan oleh kepala sekolah Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari, yang mana dijelaskan bahwa para siswa bisa lebih aktif dalam proses belajar mengajar, baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Seperti mencari referensi diperpustakaan, diskusi dengan teman- temannya ataupun langsung praktik dengan materi yang terkait. Sehingga hal ini memberikan dampak yang sangat positif baik bagi perkembangan madrasah, guru dan siswa.
Dengan hasil penelitian ini disarankan agar program yang sudah dilaksanakan dikembangkan lagi sehingga Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari akan berkembang lebih pesat lagi dimasa-masa yang akan datang. Sehingga mampu menyelenggarakan proses pendidikan yang didukung oleh organisasi dan administrasi yang efektif, efesien, dan akuntabel serta berkelanjutan guna mewujudkan keluaran yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, bernuansa Islami, serta berwawasan Ahlussunah wal Jamaah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Shalat; Active Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 10:55 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 10:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41869 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |