Laili, Nila Kulinatul (2011) Upaya guru dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Ar-Roudhoh Badut Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110227.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah kegiatan yang bertujuan, yaitu membelajarkan siswa. Pembelajaran dikatakan sebagai suatu sistem karena proses pembelajaran melibatkan berbagai komponen yang saling berkaitan satu sama lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Setiap belajar akan menghasilkan perubahan, akan tetapi tidak setiap perubahan adalah hasil belajar. Karena itu sebagai seorang guru sangatlah penting untuk benar-benar membimbing dan mengarahkan anak menjadi teladan kelak dimasa depannya. Khususnya proses belajar Al-Qur’an. Selain itu mengetahui keadaan anak didik juga merupakan salah satu kunci sukses dalam proses belajar, sehingga guru tidak salah dalam menentukan strategi, metode, dan teknik.
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru taman pendidikan al-qur’an dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an (2) bagaimana metode yang diterapkan dalam meningkatkan minat membaca Al- Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar dan upaya guru dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an, serta metode yang digunakan dalam rangka meningkatkan minat membaca Al-Qur’an.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata dan perilaku dari orang yang diamati. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa upaya guru dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an dan do’a-do’a harian, antara lain: menetapkan guru tiap jilid, memilih metode yang sesuai dengan materi, menyusun jadwal pelajaran, materi do’a diberikan selama 3 hari sekali. Belajar tanpa mengamalkannya maka tidak akan terlihat hasilnya, karena itu pihak TPQ mengadakan sosialisasi kepada masyarakat langsung setiap 2 minggu sekali, yaitu mengadakan acara dibaiyah keliling.
ABSTRACT
Learning is activities aimed at teach a student. Learning as a system because process of learning involve various component interrelated each other to achieve a purpose that the set. Learn will produce a change, but not every change a product from learn. A teacher crucial to guide and a direct a children to be example in the future. Specially learn of holly qur’an. Knowing state a student is one of the key to be success in the learning. So, a teacher can determine the strategy, method, and technik.
Problem studied in the research is (1) how efforts a teachers TPQ to increasing reading interest of holly qur’an. (2) how the method applied to increasing reading interest of holly qur’an. This research a purpose to knowing learning process and effort a teachers to increasing reading interest of holly qur’an, also how the method applied to increasing reading interest of holly qur’an.
Method used in the research is qualitative method. Data presented form of the word and the behavior of people observed. Data collection using the observation, interview, and documentation. To data analysis uses descriptive analysis.
With the research result show that effort a teachers to increasing reading interest of holly qur’an, others, assign teacher in the each class, choose a method appropriate with the material, arrange a schedule, prayer material given once every three days. Learning without practice nothing visible results. Therefore, the achers hold socialization to community once every two weeks.
I hope with the research can be additional. Knowledge for teachers specially to teachers in educational qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | upaya guru TPQ; meningkatkan minat membaca; efforts of teachers; increasing interest in reading | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41840 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |