Wahyuni, Kristin Dwi (2011) Penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih Kelas VIII C di MTs Negeri Lawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110194.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sebagaimana diketahui pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) selama ini secara umum tidak kunjung berubah, ia bagaikan secara konvensional-tradisional dan monoton sehingga membosankan peserta didik. Hal ini terbukti sewaktu pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berlangsung banyak peserta didik yang ramai dan kurang menunjukkan antusias kepada pelajaran yang diterimanya. Pelajaran Pendidikan Agama Islam seringkali dilaksanakan di sekolah bersifat menyendiri, kurang terintegrasi dengan bidang studi yang lain, sehingga mata pelajaran yang diajarkan bersifat marijinal dan periferal. Pemilihan metode pembelajaran pendidikan agama harus didasarkan pada analisis kondisi pembelajaran pendidikan agama yang ada. Hasil analisis akan menunjukkan kondisi pembelajaran yang bagaimana dan apa hasil pembelajaran pendidikan agama yang diharapkan. Setelah menetapkan dan mengembangkan metode pembelajaran akan diperoleh informasi yang lengkap mengenai kondisi rill yang ada dan hasil pembelajaran pendidikan agama yang diharapkan.
Berangkat dari permasalahan diatas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi think pair share dalam pembelajaran fiqih di kelas VIIIC MTs Negeri Lawang? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih setelah diterapkannya strategi think pair share? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran think-pair-share pada pembelajaran fiqih, (2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran think-pair-share.
Dengan desain penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) jenis kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat tiga tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), dan refleksi (reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapakan tercapai (criteria keberhasilan). Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) observasi; (2) dokumentasi. Tehnik analisa data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung prosentase.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi pembelajaran think pair share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIIIC di MTs Negeri Lawang. Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil penilaian pada saat think pair share disetiap siklus dan juga dari hasil post test pada setiap siklus. Hasil prosentase kelas pada saat think pair share dengan memberikan reward dan pujian disetiap siklus meningkat, serta hasil rata-rata pada post test juga meningkat pada setiap siklus. Prosentase kelas pada saat think pair share siklus I 44,2% siklus II meningkat menjadi 49,2%. Dan pada saat pre test rata-rata kelas 59,87 dan pada saat post test siklus I rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 86,37, siklus II meningkat menjadi 89,37.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Think-pair-share; Prestasi Belajar; Mata Pelajaran Fiqih | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:23 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41806 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |