Syafi’uddin, Imam (2011) Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Tompokersan Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Text (Fulltext)
07110231.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam perkembangan era global sekarang ini, manusia dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan yang tinggi,yakni dengan menguasai teknologi yang canggih. Selain itu manusia juga harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang tinggi serta iman dan taqwa. Dengan adanya hal itu manusia dituntut untuk menjadi manusia yang serba bisa. Dengan mengedepankan pendidikan sebagai jalur mengembangkan diri yakni harus melalui guru yang profesional sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang profesional pula. Oleh karena itu SD Islam Tompokersan Lumajang ini dapat mengembangkan fitrah peserta didik baik dalam ilmu pengetahuan maupun dalam spiritualitasnya dengan menggunakan kebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah.
Penulis formulasikan dalam rumusan masalah sebagai berikut:(1)Kebijakan apa yang dibuat oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di SD Islam Tompokersan Lumajang? (2)Bagaimana bentuk sosialisasi kebijakan tersebut di SD Islam Tompokersan Lumajang?(3)Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam melakukan sosialisasi guna meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama islam di SD Islam Tompokersan Lumajang? Untuk itu perlu mengkaji kembali kebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah dalam peningkatan guru PAI sehingga dapat mengembangkan kemampuan guru PAI lebih profesional dalam bidangnya.
Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kualitatif deskriptif dan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kebijakan kepala sekolah tersebut. Dengan menggunakan metode deskriptif yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, catatan/memo, dokumen resmi atau pun data-data yang tertulis. Dari penelitian ini peneliti mendapatkan catatan secara tertulis yang langsung di dapat oleh kepala sekolah.
Hasil penelitian ini adalahKebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah dalammeningkatkan kompetensi guru PAI SD Islam Tompokersan Lumajang adalah dengan mengadakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) pada tingkat Sekolah Dasar, mengikuti penataran/diklat, Workshop, baik dalam kota atau pun luar kota, serta adanya kumpulan guru PAI di SD Islam Tompokersan Lumajang.
Dan Sosialisasi kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di SD Islam Tompokersan Lumajang adalah telah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Adapun pelaksanaan dalam kebijakan tesebut telah mengalami peningkatan pada kompetensi guru PAI baik itu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang didukung dengan fasilitas yang ada dan biaya yang telah disiapkan dari SD Islam Tompokersan Lumajang.
ABSTRACT
In the development of the current global era, people are required to master the science is high, ie, by mastering advanced technologies. In addition, humans also must be equipped with high science and faith and taqwa. Given that humans are required to become a versatile man. By promoting education as a path that must develop themselves through professional teachers so that they can produce a professional learners as well. Therefore, Islam SD Tompokersan Lumajang can develop a good disposition of learners in science and in spirituality by using the policy made by the principal.
The authors formulated in the formulation of the problem as follows: (1) What policies are made by the principals in enhancing teacher competence in elementary Islamic PAI Tompokersan Lumajang? (2) How to shape the policy of socialization in elementary Islam Tompokersan Lumajang? (3) what barriers only encountered in the conduct of socialization in order to improve the competence of teachers of Islamic religious education in elementary Islam Tompokersan Lumajang? It is necessary to review the policies made by the principals in the improvement of teachers so that they can develop the ability of PAI PAI teachers more professional in his field.
This study using qualitative approach. Qualitative descriptive and aims to identify and analyze the principal policy. By using descriptive method derived from the interview manuscripts, field notes, photographs, personal documents, notes/memos, official documents or data are written. From this study the researchers obtain a written record directly on to the principal.
The results of this study adalahKebijakan made by the school principal dalammeningkatkan Islamic elementary school teacher competence PAI Tompokersan Lumajang is to hold MGMP (Teacher) at the elementary school level, following the refresher training, workshops, either in town or out of town, as well as a collection PAI in the Islamic elementary school teacher Tompokersan Lumajang.
And Socialization of the principal policies to improve the competence of teachers in primary PAI Tompokersan Lumajang Islam is already running smoothly and in accordance with the time allowed. The implementation of the policy tesebut have increased in both PAI teacher competence pedagogical competence, professional competence, personal competence and social competence that is supported by the existing facilities and the costs have been prepared from SD Islam Tompokersan Lumajang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kebijakan; Kepala Sekolah; Kompetensi Guru; PAI; Policy; Principal; Teachers; PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:15 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41788 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |