Ilmiah, Nurul (2011) Efektifitas Tahfidzul Qur’an bagi anak: Study kasus di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah Sudimoro-Bululawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110267.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pengajaran Al-Qur’an pada anak-anak kecil merupakan salah satu bentuk syiar agama. Sesungguhnya mempelajari Al-Qur’an dapat melahirkan keberkahan dan mendatangkan pahala. Juga dapat menghindarkan anak dari kegilaan masa kecil dan kebekuan ilmu yang dapat menyebabkan terlewatnya pembelajaran Al-Qur’an. Berpijak dari paparan di atas, maka penulis terdorong untuk mengambil judul penelitian “Efektifitas Tahfidzul Qur’an bagi anak”, dimana penulis mengambil penelitian studi kasus di di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah. Adapun rumusan masalah yang penulis ambil adalah; Bagaimana pelaksanaan Tahfidzul Qur’an, Bagaimana efektifitas metode Tahfidzul Qur’an, Apa saja faktor penghambat dan pendukung keefektifan tahfidzul Qur’an bagi anak di Pondok Pesantren Al Munawwariyyah Sudimoro Bululawang Malang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah deskriptif kualitatif. Untuk menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu, teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pebandingan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan metode wahdah dan jadwal yang selalu teratur bagi anak efektif. Hal tersebut terbukti lebih banyaknya anak yang menghafalkan Al-Qur’an bacaan hafalannya itu baik dan benar. Kemudian berkenaan dengan tingkat kelancaran menghafal bagi anak di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah efektif. terbukti saat menyetorkan hafalan tambahan dan hafalan murojaahnya sangat lancar. Ada beberapa faktor penghambat dan pendukung keefektifan pelaksanaan menghafal Al-Qur’an bagi anak di pondok pesantren Al- Munawwariyyah sebagai berikut: Faktor penghambat meliputi: kondisi fisik yang lemah dan panca indera yang kurang baik mempengaruhi proses mengahafal bagi para santri, dan kurangnya minat dan motivasi, serta kurangnya kedisiplinan, Kurangnya ruangan khusus bagi para santri hafidz untuk menghafal. Faktor penunjang meliputi: kondisi fisik, kondisi fisik siswa cukup sehat sehingga proses hafalan bagi para santri berjalan dengan optimal. Panca indera tergolong baik sehingga proses hafalan bagi para santri berjalan dengan sangat baik. Adanya motivasi dari keluarga dan para ustadz dan ustadzah yang mengurus langsung santri hafidz, Adanya mushalla dan rumah pengasuh yang dimanfaatkan bagi para santri sebagai ruangan hafalan.
ABSTRACT
Teaching Qur'an in children is a form of religious symbols. Indeed, studying the Qur'an can give birth blessing and beneficial. Can also prevent the child from the madness of his childhood and the science of ice that can cause missed on learning the Qur'an. Based on the above explanation, the authors are encouraged to take the title "The effectiveness Tahfidzul Quran to children" study, which the authors take a case study in Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah. Formulation of the problem that the authors take is: How is the implementation of the Qur'an Tahfidzul at Pondok Pesantren Al Munawwariyyah Sudimoro Bululawang Malang, How Tahfidzul effectiveness of the method at Pondok Pesantren Al Qur'an Munawwariyyah Sudimoro Bululawang Malang, What are the factors inhibiting and supporting the effectiveness of the Quran to children tahfidzul children in Pondok Pesantren Al Munawwariyyah Sudimoro Bululawang Malang.
This type of research is qualitative, while the techniques of data collection is done through observation, interviews and documentation. This technique is a qualitative descriptive data analysis. To establish the validity of the data, in this study using data triangulation techniques, the validity of the data checking techniques that utilize a variety of outside sources of data such as comparison material.
The results of this study indicate that Tahfidzul Quran with wahdah Learning methods and schedules are always organized for children at Pondok Pesantren Al- Munawwariyyah Bululawang Sudimoro effective. This proved more number of children who memorized the Quran is a good read and correctly on occasion. Then related to the level of fluency memorization for children in Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah effective. Proved when handed extra murojaahnya rote memorization and very smoothly. There are several factors inhibiting and supporting the effective implementation of memorizing the Koran to children at boarding school al-Munawwariyyah as follows: Inhibitor factors include: the physical condition of the weak and poor senses affect the process of memorization for students, and lack of interest and motivation, and lack of discipline, lack of special rooms for the students to memorize hafidz. Contributing factors include: physical ondis k, students are pretty good physical condition so that the memorization process for students to walk to the optimum. Five senses well enough that the process of memorization for students to run properly. The existence of motivation from family and religious teachers and scholars who directly take care of students hafidz, The mushalla and nursing homes with rooms to students as rote.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektifitas; Tahfidzul Qur’an; effectiveness; tahfidzul Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 10:17 | ||||||
Last Modified: | 11 May 2023 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41765 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |