Ghofur, Khabibi Abdul (2012) Implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan prestasi belajar shalat siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110262.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode pembelajaran banyak macamnya. Guru dapat memilih satu atau beberapa metode sekaligus untuk diterapkan secara bervariasi sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, materi yang disampaikan, siswa, lingkungan, serta kemampuan pengajar itu sendiri untuk melaksanakannya. Ini berarti, metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Adapun pemilihan metode pembelajaran di SMPN 4 Malang disesuaikan dengan materi yang ada. Untuk itu, pada materi tentang shalat di kelas VII ditetapkanlah metode demonstrasi. Penetapan metode tersebut dikarenakan materi shalat membutuhkan banyak contoh atau peragaan untuk meningkatkan pemahaman pada siswa.
Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 4 Malang dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Kegiatan pokok dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara intensif tentang segala fenomena sosial yang diteliti, yaitu mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar shalat siswa.
Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Selain itu, juga untuk mendeskripsikan tentang beberapa faktor penghambat metode demonstrasi serta upaya untuk mengatasi hambatan tersebut guna meningkatkan prestasi belajar shalat siswa kelas VII SMPN 4 Malang.
Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait dari objek penelitian. Untuk mendukung dari pemaparan data, penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian seperti dokumentasi foto dari kegiatan siswa, khususnya pada pembelajaran shalat.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti menemukan bahwa: 1) Implementasi metode demonstrasi di SMPN 4 Malang tergolong unik. Metode ini diterapkan pada strategi pembelajaran kooperatif jenis think pair share (berpikir berpasangan berbagi), di mana siswa dibagi ke dalam kelompok kecil dan setiap siswa dalam kelompok itu harus bertanggung jawab terhadap anggota kelompoknya. 2) Setelah diterapkannya metode demonstrasi ternyata hasilnya meningkat, dari yang awalnya banyak yang belum tuntas dari nilai KKM menjadi tuntas. Terlepas dari itu yang terpenting adalah telah banyak anak yang mau melakukan shalat, dan hal itu juga merupakan prestasi tersendiri. 3) Di antara permasalahan yang dirasa paling menghambat dalam pembelajaran metode demonstrasi yaitu adanya kemampuan siswa yang bervariasi, di mana masing-masing individu memiliki kemampuan berfikir yang berbeda. Tingkat variasi itu tidak lain dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal maupun eksternal serta faktor lingkungan masing-masing individu. 4) Upaya yang dilakukan guru PAI kelas VII untuk mengatasi hambatan dalam proses belajar mengajar adalah dengan mengadakan evaluasi kelompok. Dari evaluasi per kelompok, kemudian dilakukan bimbingan oleh guru bagi siswa yang belum bisa. Hal ini dilakukan oleh guru mengingat sangat pentingnya pembelajaran shalat.
ABSTRACT
Many kinds of learning methods. Teachers can choose one or some’s methods to be applied varies in accordance with the objectives to be achieved, the material presented, students, environment, and the teacher's ability to do it. It’s means, the method used to realize a predetermined strategy. The selection of teaching methods in SMP 4 Malang adapted to the material. That end, the matter of prayer in class VII use demonstration method. Because the pray material need requires a lot of examples or demonstrations to enhance understanding in students.
The research was conducted in class VII SMPN 4 Malang with descriptive qualitative research approach of case studies. The main activities in this research is to describe and analyze intensively about all of the social phenomena research, that is about the problem’s relating to Islamic religious learning to improve student learning achievement prayer.
As for the writing of this thesis aims to describe the implementation of the demonstration method in teaching Islamic Education (PAI). Another that, also to describe the some inhibiting factors as well as efforts to overcome these obstacles in order to improve learning achievement of students prayer in Junior High School (SMP) 4 Malang.
In this research, the technique of collection data is use some methods, that is observation methods, interviews, and documentation. And the analysis, using qualitative descriptive analysis techniques, that’s in the form of data presentation in writing of the relevant data of the object research. In support of the exposure data, the authors also include a variety of attachment-related research such as photo documentation of student activities, especially in prayer learning.
From the results of research studies have been done, researchers found that: 1) Implementation of demonstration method in SMP 4 Malang is unique. This method is applied to the type of cooperative learning strategies ‘think pair share’, in which students are divided into small groups and each student in the group should be responsible for group members. 4) After the adoption of improved methods of demonstration, but the result, from the beginning a lot of unfinished from the KKM be completed. Apart from that the important thing is have a lot of student’s who want to pray, and it is also a feat in itself. 3) Among the problems were deemed the most inhibiting the learning methods of students' demonstration the presence varying abilities, in which each individual has the ability to think differently. Rate variation was not influenced by some factors, both internal and external factors and environmental factors of each individual. 4) The efforts of classroom teachers PAI VII to overcome obstacles in the learning process is to conduct the evaluation. Of evaluations each group, then do coaching by teachers for students who have not been able to. This is done by considering the critical importance of teacher learning prayers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Demonstrasi; Prestasi Belajar Shalat; Demonstration Method’s; Prayer Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 24 Nov 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 24 Nov 2022 14:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41744 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |