Muhyiddin, Muhammad (2012) Konsep Tazkiyat Al - Nafs Abdullah Al - Haddad sebagai metode dalam pendidikan akhlak murid: Kajian kitab Risalah Adab Suluk Al - Murid. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text
07110113.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan akhlak adalah usaha untuk membimbing peserta didik untuk berperilaku dengan akhlakul karimah. Sangat memprihatinkan bahwa kemerosotan akhlak banyak terjadi di kalangan remaja atau pelajar, seperti halnya tawuran, narkoba, pergaulan bebas, dan lain sebagainya. Adanya degradasi moral murid tersebut, maka menuntut adanya pendidikan akhlak murid. Pendidikan akhlak menjadi alat atau sebuah metode untuk membentuk kembali jiwa yang terganggu, sehingga akan tercipta akhlakul karimah dalam diri seorang murid. Jika dikaitkan kembali dengan konsep tazkiyat al-nafs, maka konsep ini menjadi sebuah metode dalam memberikan pendidikan akhlak, sebuah metode yang mengupayakan penyucian jiwa yang terinternalisasi dalam akhlakul karimah. Dengan harapan jiwa yang telah suci dan bersih yang akan bertingkah laku sesuai dengan tatanan dan tuntunan syari’at Islam.
Kitab Risalah Adab Suluk Al-Murid merupakan kitab yang isinya memuat tahapan-tahapan (proses) seorang murid dalam mencapai derajat suluk kepada Allah Swt. Berangkat dari permasalah-permasalahan tersebut, yaitu adanya dekadensi moral murid serta gangguan-gangguan yang dialami oleh jiwa, penulis mengangkat sebuah permasalahan yang berjudul ”Konsep Tazkiyat Al-Nafs Abdullah Al-Haddad Sebagai Metode Dalam Pendidikan Akhlak Murid (Kajian Kitab Risalah Adab Suluk Al-Murid)”. Penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat mengetahui bagaimana konsep tazkiyat al-nafs Al-Haddad dalam kitab risalah adab suluk al-murid, serta mengetahui bagaimanakah implikasinya dalam metode pendidikan akhlak murid. Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode library research dan dalam teknik analisis data menggunakan metode content analysis. Penulis menggunakan personal document, yaitu kitab Risalah Adab Suluk Al-Murid dan mengomparasikan dengan literatur-literatur atau kitab-kitab yang mendukung dalam pembahasan.
Hasil dari penelitian ini merupakan jawaban dari adanya degredasi moral murid, yang berdasarkan analisis penulis adalah berasal dari kecenderungan mengikuti hawa nafsunya. Adapun metode yang digunakan dalam konsep tazkiyat al- nafs ini antara lain dengan metode mengosongkan diri dari sifat-sifat tercela dan maksiat, dan metode mengisi hati dengan dzikir. Dan pendekatan yang digunakan dalam mendidik akhlak adalah dengan mujahadah dan riyadhah, al-Ju’, al-Shumtu, dan pendekatan pembiasaan.
ABSTRACT
Moral Education is the attemption to conduct pupils being well behaved. As we know that the moral degradation has spread amongs teen such as fighting, drunking, consuming drugs, etc. Thus, moral education is nevertheless a must. The main purpose of moral education is a method applied and implemented to bring human to its nature. Related to the present research focusing in soul cleaning or Tazkiyat al-nafs, the concept of soul cleaning is a way to dismiss the bad things in human souls so that the empty and clean souls will be easy to take the good things as suited to Sharia.
The book of Risalat Adab Suluk Al-Murid is the book contains several steps done by pupils to achieve the quality of goodness. Starting from the problems namely moral decadent of pupils and the strugles faced by human souls, the researchers propose the present research untitled ”The Concept of Tazkiyat Al-Nafs Abdullah al-Haddad as the method in moral education (the study of the book of Suluk Al-Murid)”. The present research is conducted to find out how the concept of Tazkiyat Al-Nafs AL Haddad in the book of risalat adab suluk al-murid, and how the implication in the method of pupils moral education. This is descriptive qualitative research. The research use library research as the technique of collecting data and content analysis as the tool of analysis. The main document in the present research is the book of Risalat adab Suluk Al-Murid and other related literatures as the comparation.
The result of the present research is both the answer of the cause of moral decadent and the method used to face or anticipate it. Based on the analysis conducted in this research, the moral decadent is primarily from the soul that tends to do bad thing. The method used in Tazkiyat al-nafs is two points. First is by emptying the souls from the bad things surrounded it and continued by filling with dzikir. The approach used to educate the moral aspect is by struggle (mujahadah) treatment (riyadhoh), brave to starve (Al-Ju’), quit (al-Shumtu), and make them as the habits
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tazkiyat Al-Nafs; Pendidikan Akhlak Murid; Tazkiyat Al-Nafs (Soul Cleaning); Moral education of Pupils | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2022 10:17 | ||||||
Last Modified: | 21 Nov 2022 10:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41671 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |