Nailul, Muhammad (2011) Aspek pendidikan Akhlak dan dampaknya terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam: Kajian Kitab Washoya Al-Aba Lil Abna Karya Syaikh Muhammad Syakir. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan akhlak adalah usaha untuk membimbing dan menumbuhkan peserta didik untuk berperilaku dengan akhlakul karimah. Akhlak adalah karunia Allah untuk menunjukkan eksistensi manusia sebagai khalifah di bumi. Manusia dapat dianggap sebagai makhluk yang berperadaban karena akhlaknya. Tanpa akhlak manusia akan lebih rendah derajatnya daripada hewan. Akhlak adalah perbuatan yang dilakukan secara spontanitas dan tanpa pemikiran lebih lanjut.
Sangat memprihatinkan bahwa kemerosotan akhlak tidak hanya terjadi pada kalangan muda atau pelajar, tetapi juga terhadap orang dewasa, bahkan orang tua. Kemerosotan akhlak pada anak-anak dapat dilihat dengan banyaknya pelajar yang tawuran, mabuk, berjudi, durhaka kepada orang tua bahkan sampai membunuh sekalipun. Bahkan yang marak pada saat ini lebih sering dikenal dengan istilah kenakalan remaja. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya kontrol orang tua terhadap anaknya, sehingga anak nekat melakukan perbuatan yang meresahkan dan merugikan banyak pihak. Maka untuk menumbuhkan diperlukan pembiasaan secara kontinyu melalui bimbingan dan pendidikan akhlak sejak dini. Sedangkan metode pendidikan akhlak yang paling efektif adalah dengan metode teladan.
Kitab Washoya Al-Aba Lil Abna merupakan kitab yang isinya memuat pendidikan akhlak yang sangat dibutuhkan peserta didik untuk menghadapi masa depan yang cerah dengan cara berakhlakul karimah. Berangkat dari latar belakang di atas, maka penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul: “Aspek Pendidikan Akhlak dan Dampaknya Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (Kajian Kitab Washoya Al-Aba Lil Abna Karya Syaikh Muhammad Syakir).”
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui dan menemukan aspek pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Aba Lil Abna karya Syaikh Muhammad Syakir, dan juga ingin mengetahui dampaknya terhadap mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam.
Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dengan menggunakan metode campuran. Pada tahap pertama, penulis menggunakan penelitian secara deskriptif-kualitatif. Kemudian dari hasil kualitatif dikembangkan dengan instrumen penelitian. Sedangkan pada tahap kedua, penulis menggunakan penelitian secara kuantitatif. Adapun prosedur pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis), metode analisis wacana (discourse analysis), dan metode studi literatur (library research). Penulis
menggunakan data tunggal yaitu Kitab Washoya Al-Aba Lil Abna dan mengkomparasikan dengan literatur-literatur yang sesuai dengan kitab itu.
Hasil dari penelitian yang dilakukan ini juga merupakan jawaban atas rumusan masalah di atas, hasil penelitiannya adalah bahwasannya aspek pendidikan akhlak yang ditawarkan Syaikh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al-Aba Lil Abna terdiri dari lima aspek, yaitu pertama, akhlak kepada Allah; kedua, akhlak kepada Rasulullah SAW; ketiga, akhlak kepada sesama manusia; keempat, adab peserta didik; dan kelima, macam-macam akhlak (mahmudah dan madzmumah). Sedangkan dari hasil penelitian kuantitatifnya, maka dapat diketahui bahwa dampaknya terhadap mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam dapat dikategorikan sedang dengan prosentase 55%. Dengan demikian bahwa akhlak yang diterapkan mahasiswa memiliki dampak yang positif.
ABSTRACT
Moral education is an attempt to guide and nurture students to behave with good moral. Moral is God's gift to show human existence as a caliph in the earth. The human being can be regarded as civilized as depraved. Without a moral human being will be lower degree than the animals. Moral is act which done spontaneously and without thinking further.
Very concerned that the decadency of moral is not only happened in young people or students, but also to adults, even parents. The decadency of moral in children can be seen by the number of students brawling, drunking, gambling, faithless to parents, even to kill though. Even at the time of the flare is more often known as juvenile delinquency. This could happen due to lack of parental control of children, so the child does something disturbing desperate and hurt many parties. It is necessary to foster habituation continuously through the guidance and moral education from the outset. While the method of moral education is most effective with the exemplary method.
The Washoya Aba Al-Abna Book’s is a book whose its content contains moral education which most-needed by learners to face a bright future in a way of good moral. Departing from the above background, the author would like to discuss the thesis with the title: "Aspect of Moral Education and Its Impact on Islamic Religious Education Student (Study of Washoya Al-Aba Lil Abna Book’s by Syaikh Muhammad Syakir)."
The purpose of this research is the author want to know to find aspects of moral education in the Washoya Al-Aba Lil Abna Book’s by Syaikh Muhammad Syakir, and also want to know its impact on Islamic Religious Education Student.
This research included in the category of research using mixed methods. In the first stage, the author used a descriptive-qualitative study. Then from the qualitative result is developed with instrument of research. While in the second stage, the author use quantitative research. The data collection procedures, the author used content analysis method, discourse analysis method, and library research method. The author use a single data that is the Washoya Al-Aba Lil Abna Book’s and compare with literatures according to the book.
Result of research conducted is also the answer on the problem formulation above, the result of his research is that aspect of moral education offered by Syaikh Muhammad Syakir in the Washoya Al-Aba Lil Abna Book’s consists of five aspects: firstly, the moral to God; secondly, the moral to Prophet Muhammad; thirdly, the moral to human being; fourthly, courtesy of learners; and fifthly, kinds
of moral (disgraceful and reprehensible). While the result of quantitative research, it is known that its impact on Islamic religious education student can be categorized medium with the percentage was 55%. Thus, that the morals who applied to student have a positive impact.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan; Akhlak; Education; Moral | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2022 10:24 | ||||||
Last Modified: | 21 Nov 2022 10:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41660 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |