Husna, Ana Fitria (2011) Penerapan metode Usmani pada pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas kebenaran bacaan Al-Qur’an di Pendidikan Guru Pengajar Al- Qur’an (PGPQ) Panggung Rejo Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110177.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode Usmani adalah metode yang menggabungkan antara tiga metode, yaitu metode Riwayat, Metode belajar membaca Al-Qur’an, dan metode Diroyah, dan disusun dalam sebuah rangkaian dari materi yang sangat mudah untuk digunakan belajar membaca Al-Qur’an bagi semua kalangan. Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya metode dan strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Kualitas kebenaran bacaan Al- Qur’an menurut metode Usmani adalah dapat membaca dengan baik secara tartil, sesuai dengan kaidah membaca Al-Qur’an, menurut tajwid, makroj, dan sifatnya. Sedang PGPQ Panggung rejo Blitar adalah wadah untuk menghasilkan guru pengajar TPQ dengan metode Usmani. Dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana metode Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ?; (2) Bagaimana penerapan metode Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ Panggung Rejo Blitar?; (3) Apa keunggulan dan kekurangan metode Usmani di PGPQ?.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui cara peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an di PGPQ Panggung Rejo Blitar, yaitu: Mengetahui bagaimana metode Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ; (2) Mengetahui bagaimana penerapan metode Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ Panggung Rejo Blitar; (3) Mengetahui apa keunggulan dan kekurangan metode Usmani di PGPQ.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sehingga hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa penerapan metode Usmani pada pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas kebenaran bacaan Al-Qur’an peserta di PGPQ Panggung Rejo Blitar menunjukkan dilakukan dengan bentuk klasikal – individual, dan dilanjutkan dengan HMQ oleh peserta dengan melatih kemampuan individu. Dan dengan menerapkan metode Usmani pada pelaksanaan pembelajaran di PGPQ Panggung Rejo Blitar dapat memperoleh hasil yang baik, peserta banyak mengalami perkembangan, yang dulunya tidak bisa, menjadi bisa, Penerapan metode Usmani pada pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ Panggung Rejo Blitar berjalan dengan baik, karena mepunyai beberapa faktor pendukung, terlebih lagi oleh bentuk penerapan metode usmani yang sangat efesien, dan pengajar yang professional di bidangnya, serta semangat peserta untuk segera bisa belajar Al- Qur’an dengan benar. Sedangkan faktor penghambat penerapan metode Usmani pada pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ Panggung rejo Blitar adalah kondisi peserta yang membutuhkan waktu lama karena masih mempunyai kemampuan di bawah standart yaitu belum mengenal huruf hijaiyah sama sekali dan faktor usia yang mempengaruhi daya tangkap dalam menerima materi pelajaran. Oleh sebab kualitas bacaan Al-Qur’an peserta PGPQ Panggung rejo Blitar bervariatif. Namun sebagian besar dari peserta menunjukkan bahwa bacaan mereka banyak mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat besar.
ABSTRACT
Usmani method is a method that combines three methods, historical methods, methods of learning to read the Qur'an, and the method Diroyah, and arranged in a series of material that is very easy to use learning to read the Qur'an for all circles. Learning is an effort to learn students. To be more effective and efficient learning and leading to a goal to be achieved, the need for methods and learning strategies developed by teachers. And that became the focus of this research are: (1) How is the Usmani methods at learning Al-Qur’an in PGPQ?, (2) How is the application Usmani methods at learning Al- Qur’an in PGPQ Panggung Rejo Blitar?, (3) what are the more and less of Usmani methods at learning Al- Qur’an in PGPQ?
The purpose of this study was to find out how to improve the quality of reading the Qur'an in Panggung Rejo PGPQ Blitar, namely: (1) Determine How is the Usmani methods at learning Al- Qur’an in PGPQ; (2) Determine How is the application Usmani methods at learning Al- Qur’an in PGPQ Panggung Rejo Blitar; (3) Know what are the more and less of Usmani methods at learning Al-Qur’an in PGPQ.
Research conducted by the author in included in this type of descriptive research. In the process of collecting data, researchers used a method of observation, interviews, and documentation. As for analysis, the researchers used a descriptive qualitative analysis technique, which is to describe and interpret the data that has been obtained, so that would describe the actual reality that the writer is trying to do research that is described as a whole about the actual situation.
From the research, the authors proposed that the method of application to the Usmani method in Learning Al-Qur’an in Improving Reading Truth Quality Al- Qur’an In Teacher Education Teacher Al- Qur’an (PGPQ) Panggung Rejo Blitar, shows performed by the classic form-the individual, and continued with HMQ by the participants with the skills of individuals. And by applying the Usmani method in the implementation of learning in the PGPQ Panggung Rejo Blitar can obtain good results, the participants experienced a lot of progress, the former can not, to be can. Application Usmani method at learning Al- Qur’an in PGPQ Panggung Rejo went well, because have some motivation factor, even more with the Usmani method a very efficient implementation, and professional educators in the field, and the spirit of the participants to be able to learn the Quran properly. While the factors inhibiting the implementation of the Usmani method of learning the Qur'an in PGPQ Panggung
Rejo Blitar is the condition of the participants who took a long time because they still have the ability under the standards that have not fully familiar with the letter hijaiyah and age factors affecting the catching power in receiving the course material. Therefore, the quality of the participants read the Qur'an of PGPQ Panggung Rejo Blitar is vary. Yet most participants indicated that they had read a lot of progress and progress is very large.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Usmani; Pembelajaran Al-Qur’an; Kualitas Kebenaran Bacaan Al-Qur’an; PGPQ Panggung Rejo Blitar; Usmani Method; Al-Qur’an Learning; Reading Truth Quality Al-Qur’an; PGPQ Panggung Rejo Blitar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 09:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Nov 2022 09:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41588 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |