Mubarok, Muhammad Irsyad (2011) Implementasi metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05110198.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (944kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru dituntut untuk cermat dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan pelajaran. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami dengan mudah materi yang akan disampaikan, sehingga mereka termotivasi untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah metode tutor sebaya. Metode tutor sebaya adalah segala bentuk usaha mengoptimalkan kemampuan siswa yang berprestasi dalam satu kelas untuk mengajarkan atau menularkan kepada teman sebaya mereka yang kurang berprestasi.
Rumusan masalah yang menjadi fokus pembahasan ini meliputi: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 20 Malang. 2) Bagaimana pelaksanaan metode Tutor Sebaya pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 20 Malang. 3) Apa yang menjadi problematika dalam penerapan metode Tutor Sebaya di SMP Negeri 20 Malang.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 20 Malang. 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Tutor Sebaya pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 20 Malang. 3) Untuk mengetahui apa yang menjadi problematika dalam penerapan metode Tutor Sebaya di SMP Negeri 20 Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk proses analisis, penulis menggunakan langkah-langkah editing data, kategorisasi, dan penafsiran data. Adapun untuk mengecek keabsahan data, penulis menggunakan teknik ketekunan pengamatan, kecukupan referensial, dan triangulasi. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lokasi penelitian, di sini penulis sertakan gambar dan lampiran sebagai pelengkap data.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat diperoleh kesimpulan, bahwa motivasi intern siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar terbilang rendah, sehingga peran guru sebagai penumbuh motivasi lebih banyak berperan dan berpengaruh terhadap siswa. Metode Tutor Sebaya yang diterapkan di SMP Negeri 20 Malang dapat berjalan dengan hasil yang memuaskan bagi guru dan siswa, terbukti dengan meningkatnya motivasi dalam pembelajaran.
ABSTRACT
In teaching and learning activities a teacher has to be careful in choosing the appropriate learning method with learning materials. It is intended that students can easily understand the material to be delivered, so they are motivated to apply it in everyday life.
One method of learning that is suitable for Islamic Religious Education learning materials is a method of peer tutors. Method of peer tutors is any attempt to optimize the ability of students who excel in a class to teach or pass on to their peers are less accomplished.
The formulation of the problem are the focus of this discussion include: 1) How does student motivation on PAI Junior High Schools District 20 Malang. 2) How is implementation method of peer tutors on PAI Junior High Schools District 20 Malang. 3) What are the problems in the application of methods of Peer Tutors in Junior High Schools District 20 Malang.
The purpose of this study are: 1) To know how to motivate students to learn on PAI Junior High Schools District 20 Malang. 2) To know how the implementation of the Peer Tutor methods on PAI Junior High Schools District 20 Malang. 3) To find out what the problems in the application of methods of Peer Tutors in Junior High Schools District 20 Malang.
Research conducted by the author is included in the descriptive qualitative research. In the process of collecting data, the authors use the method of observation, interviews, and documentation. For the analysis, the authors use data editing steps, categorization, and interpretation of data. As for checking the validity of the data, the authors use the technique of observation persistence, referential adequacy, and triangulation. In addition, to support the description of the actual situation of the research sites, here the author included pictures and attachments as supplementary data.
From the research that scientists do can be concluded, that the internal motivation of students in following the teaching and learning process fairly low, so the teacher's role as a grower more motivation role and influence on students. Peer Tutor methods applied in Junior High Schools District 20 Malang can run with satisfactory results for both teachers and students, as evidenced by the increased motivation in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Tutor Sebaya; Motivasi; Islamic Religious Education; Peer Tutor; Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 09:45 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 09:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41529 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |