Fawaid, Mohammad Arif (2011) Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 03 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05110175.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi berjalan sangat cepat yang mewarnai seluruh aspek kehidupan manusia. Dalam rangka mengimbangi hal tersebut pemerintah menetapkan suatu kebijaksanaan untuk meningkatkan mutu pendidikan, pencapaian mutu pendidikan merupakan langkah yang harus dilakukan dengan usaha peningkatan kemampuan profesional yang dimiliki oleh kepala sekolah, utamanya dalam pendidikan agama Islam.
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen dalam proses mengajar. Seorang Kepala sekolah memiliki tanggung jawab yang besar dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu Kepala sekolah harus memberikan motivasi kepada siswa. Karena motivasi adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya segala aktivitas siswa dalam belajar. Kepala sekolah tidak semata-mata mentransfer ilmu pengetahuan saja, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntut siswa dalam mengajar. Pengarahan disini dapat berupa memberikan motivasi kepada siswa, karena didalam proses belajar mengajar motivasi memegang peranan yang sangat penting. Motivasi tidak dapat dipisahkan dari aktivitas belajar. Siswa tidak akan mempelajari sesuatu bila hal itu tidak menyentuh kebutuhannya. Motivasi adalah syarat mutlak dalam belajar. Sering kali terdapat anak yang malas, suka membolos dan sebagainnya. Adapun yang sering terjadi di sekolah-sekolah formal banyaknya siswa yang tidak ikut pelajaran disaat mata pelajaran pendidikan agama Islam yang tidak disenangi sedang berlangsung, hal ini terlihat pada absensi mata pelajaran pendidikan agama Islam ketika sedang berlangsung dan banyaknya siswa yang malas untuk belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam. Dengan demikian Kepala sekolah tidak berhasil memberikan motivasi yang tepat untuk mendorong agar siswa bekerja dengan segenap tenaga dan pikirannya.
Berangkat dari latar belakang tersebut maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu: Upaya apa yang dilakukan oleh Kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam, Faktor-faktor apa yang dapat mendukung dan menghambat motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam. Mengacu pada kontek penelitian tersebut, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu untuk mengetahui bagaimana Upaya Kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam, untuk mengetahui faktor-faktor apa yang dapat
mendukung dan menghambat motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam.
Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa pertama upaya yang dilakukan oleh Kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pendidikan agama Islam digolongkan menjadi tiga yaitu: motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah. Adapun motivasi tinggi upaya yang dilakukan Kepala sekolah/guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan mengadakan kompetisi, dan memberikan angka. Sedangkan kepada motivasi sedang yaitu memberikan tugas, mengadakan ulangan, dan memberikan angka, adapun pada motivasi rendah dengan memberikan ganjaran berupa hadiah dan pujian, menumbuhkan minat dan menjelaskan tujuan akhir. Kedua Adapun faktor-faktor yang menimbulkan motivasi itu ada dua yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah faktor dari dalam diri seseorang, adapun yang termasuk dalam faktor intrinsik antara lain adanya kebutuhan dan mempunyai cita-cita. Faktor ekstrinsik adalah faktor yang dapat menimbulkan motivasi yang berasal dari luar diri seseorang. Adapun yang termasuk dalam faktor ekstrinsik antara lain: adanya ganjaran terhadap siswa yang berhasil, adanya hukuman yang diberikan kepada siswa yang melanggar peraturan, dan mengadakan kompetisi baik kompetisi individu maupun kelompok. Adapun faktor-faktor yang mengahambat motivasi belajar siswa sangat bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Muhammadiyah 03 Singosari Malang bahwasanya faktor-faktor yang mengahambat motivasi belajar siswa antara lain adanya pengaruh dari teman, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa dan kondisi keluarga dari siswa itu sendiri. Kalaupun masih ada alternative lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal ini dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini lebih sempurna.
ABSTRACT
Development of science and technology running very quickly that characterizes all aspects of human life. In order to offset this the government set a policy to improve the quality of education, attainment of quality education is a step that has to do with efforts to improve the professional skills possessed by the principals, especially in Islamic religious education.
The school principal is one component in the process of teaching. A school principal has a great responsibility in teaching and learning. Therefore Principals should provide motivation to students. Because motivation is one factor that can affect the success of all students in learning activities. The school principal does not merely transfer knowledge, but also as educators and mentors who provide guidance and require students in teaching. Briefing here can be motivating to students, because in the process of teaching and learning motivation plays a very important. Motivation is inseparable from the learning activities. Students will not learn anything if it did not touch her needs. Motivation is essential in learning. Often there are children who are lazy, like to play truant and sebagainnya. As is often the case in formal schools number of students who did not participate while learning the subjects of Islamic religious education which is unpopular in progress, as seen in attendance subjects of Islamic religious education as is being made and the number of students who are lazy to study subjects education Islamic religion. Thus the principal failed to provide the right motivation to encourage students to work with all our energy and thoughts.
Departure from this background, the issues raised by researchers is: What efforts undertaken by the Head of the school in improving student motivation field of study of Islamic religious education, what factors can support and hinder students' learning motivation of Islamic religious education studies. Referring to the research context, the objective being pursued by researchers is to find out how the principal effort in improving students' motivation field of study of Islamic religious education, to find out what factors can support and inhibit the motivation to study the field of Islamic religious education studies.
Research conducted by the author is included in the descriptive qualitative research. And in the course of collecting data, the authors use the method of documentation, observation, and interviews. Meanwhile, to analyze it, the author uses descriptive qualitative analysis techniques, namely the form of data written or oral of people and observed behavior, so in this case the author seeks to undertake research which is described as a whole about the actual situation.
Results from studies conducted the author can be delivered that first attempt made by the Head of the school in improving student learning motivation of Islamic religious education is classified into three namely: high motivation, the motivation was, and low motivation. The high motivation efforts principal / teacher of Islamic religious education in improving students' motivation towards subjects of Islamic religious education by holding competitions, and give numbers. While the motivation is that is giving the task, conducting tests, and give numbers, as for the low motivation by giving rewards in the form of gifts and
praise, generate interest and explain the final destination. Both The factors that lead to motivation there are two factors intrinsic and extrinsic factors. Intrinsic factors are factors from within oneself, as for which is included in the intrinsic factors such as the need and have ideals. Extrinsic factors are factors that can lead to motivation that comes from outside oneself. As for which is included in extrinsic factors, among others: the rewards of a successful student, the punishment given to students who violate the rules, and held a competition both individual and group competitions. As for the factors that mengahambat student motivation is very varied. Based on the results of 03 studies in SMK Muhammadiyah Malang Singosari that the factors that mengahambat student motivation, among others, the influence of friends, the students, students of environmental conditions and family conditions of the students themselves. Even if there are other alternatives that may be better than what has been delivered or written in this thesis, then this could serve as an additional input or more perfect for this thesis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Kepala Sekolah; Motivasi Belajar PAI; Effort Principal; Learning Motivation PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 14:48 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 14:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41526 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |